Brilio.net - Sadar nggak sih guys, banyak sekali kebiasaan-kebiasaan kamu sehari-hari yang bikin uang bulanan kamu cepat habis? Seperti kebiasaan nongkrong dan suka beli makanan ke minimarket misalnya.

Namun, ada juga lho kebiasaan sederhana yang secara nggak langsung kalau kamu rutin menjalaninya, bisa membantumu menabung dan hemat uang. Kebiasaan apa saja sih emangnya?

Nah, berikut ini adalah wawancara brilio.net dengan beberapa orang yang memiliki kebiasaan sederhana, tapi bisa sekaligus menabung uang mereka. Inspiratif dan bisa kamu tiru lho. Simak ya!

1. Bawa air putih kemana pun pergi

8 Kebiasaan sepele ini ternyata bisa bantu kamu menabung, cobain deh!

Loading...

Kebiasaan membawa air putih dari rumah dengan botol minum ternyata punya segudang manfaat. Kamu bisa disiplin minum air putih dan juga bisa menghemat pengeluaranmu untuk membeli minum saat makan atau jajan di luar.

"Bawa air putih itu bisa lumayan ngirit. Biar pun rasanya cuma hemat Rp 2.000 buat beli es teh atau es jeruk, tapi kalau dikalikan beberapa kali juga pasti banyak juga," kata Siti, seorang pegawai honorer di salah satu instansi di Yogyakarta.

2. Masak

8 Kebiasaan sepele ini ternyata bisa bantu kamu menabung, cobain deh!

Rajin masak sendiri juga sangat bermanfaat lho guys, untuk menyimpan uangmu. Dengan memasak sendiri kamu hanya perlu agak repot sedikit sih. Tapi sekali masak bisa untuk 2-3 kali makan. Jadi jatah uang makanmu seharian bisa tercover jadi satu.

"Belanja Rp 10.000 udah dapat sayur dan lauk buat makan seharian, kalau pengen beli yang agak mewah ya sesekali aja," ujar Rini yang masih berstatus sebagai mahasiswa di Yogyakarta.

3. Rajin olahraga

8 Kebiasaan sepele ini ternyata bisa bantu kamu menabung, cobain deh!

Kebiasaan baik yang juga secara nggak langsung bisa menghemat uang kamu adalah dengan rajin olahraga. Menjaga kesehatan badan penting agar kamu nggak gampang sakit. Bayangkan kalau kamu sakit, kamu akan keluar budget buat berobat kan?

Cara ini konsisten ditempuh oleh Aza seorang karyawan bank swasta. "Jaga kesehatan itu penting, soalnya kita nggak tahu kapan akan sakit. Anak muda juga bisa terkena penyakit serius. Jadi ngeri, makanya sebisa mungkin nggak lupa buat olahraga."

4. Go Green

8 Kebiasaan sepele ini ternyata bisa bantu kamu menabung, cobain deh!

Hidup go green bisa dimulai dengan cara sederhana, misalnya dengan hemat listrik dan air di rumah. Misalnya dengan mematikan listrik saat siang hari dan saat tidur, atau menggunakan air seperlunya saja. Cara ini cukup jitu untuk menghemat pengeluaran uang listrik dan air bulanan sehingga sisa uangnya bisa untuk ditabung atau dialokasikan untuk hal lain.

Hal ini, begitu dirasakan oleh Weni salah satu pemilik rumah kos di Yogyakarta. "Untungnya anak-anak kos di sini tahu gimana cara hemat listrik, dan nggak suka pakai lampu kalau sudah jam tidur. Jadi lumayan bisa ngirit pulsa listrik," katanya.

5. Menyimpan recehan

8 Kebiasaan sepele ini ternyata bisa bantu kamu menabung, cobain deh!

Jangan sepelekan uang receh yang biasa kamu dapat dari uang kembalian jajan atau belanja di supermarket. Seringkali uang receh diremehkan karena nominalnya yang kecil, namun secara nggak sadar uang receh yang sudah terkumpul berbulan-bulan juga akan menjadi nominal yang besar.

Manfaat ini pun juga dirasakan oleh Tya seorang karyawan swasta di Yogyakarta. Tya mengaku setiap akhir bulan uang receh sangat membantunya untuk menyambung hidupnya sebagai anak kos. "Uang recehan selalu aku masukin ke toples khusus, nanti kalau pas butuh bisa dituker ke minimarket atau warung."

6. Bawa uang pas

8 Kebiasaan sepele ini ternyata bisa bantu kamu menabung, cobain deh!

Kebiasaan yang membantumu berhemat selanjutnya adalah dengan membawa uang pas saat keluar rumah atau kos. Jangan terbiasa membawa uang dalam jumlah besar, karena hal ini akan memicu kamu untuk gampang membeli sesuatu. Dengan hanya membawa uang pas, kamu bisa menahan untuk tidak membeli sesuatu yang tak perlu-perlu banget.

"Aku selalu bawa uang pas, saat nongkrong sama temen. Tergantung mau kemana, kalau cuma sekedar ngopi ya bawa uang Rp 20.000 cukup lah," terang Rini lagi.

7. Arisan

8 Kebiasaan sepele ini ternyata bisa bantu kamu menabung, cobain deh!

Nah, kalau kamu ingin membeli sesuatu barang yang harganya mahal, misalnya gadget impian kamu, kamu bisa coba buat ikutan arisan bareng sahabat-sahabatmu. Seperti yang dirasakan Risa (24), dia mengaku dapat membeli gadget impiannya dari hasil arisan dengan teman-teman sekantornya.

"Lumayan, uang arisan bisa buat beli HP idaman. Karena kalau nabung sendiri kayaknya berat banget," ujarnya.

8. Membeli barang investasi

8 Kebiasaan sepele ini ternyata bisa bantu kamu menabung, cobain deh!

Nah, cara menabung yang selanjutnya adalah dengan membeli barang yang memiliki nilai investasi, seperti emas atau logam mulia lainnya. Cobalah alokasikan uang tabunganmu yang sudah lumayan untuk membeli emas.

Barang ini nggak ngabisin duitmu kok, malah sebaliknya. Nilai jualnya bisa semakin mahal dari hari ke hari. Seperti yang dipraktikkan Rina contohnya. Karyawan swasta ini mengatakan sedikit demi sedikit mulai membeli emas untuk investasi.

"Nggak perlu langsung banyak, 1-2 gram saja dulu kalau pas ada uang. Besok kalau ada kebutuhan mendadak juga bisa dijual lagi dan bisa untung," paparnya.

Gimana guys, apa kamu tertarik untuk mencoba juga?