Brilio.net - Siapa yang tak suka membaca novel? Mungkin kamu juga salah satunya. Membaca memiliki banyak keuntungan lho, di samping menjadi hobi atau bisa juga untuk mengisi waktu senggang. Bahkan kabar baiknya, menurut salah satu hasil studi mengungkapkan bahwa membaca bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer, lho.

Nah, kalau bicara apa saja yang hanya dirasakan atau dialami para bookworm atau pecinta buku, kira-kira bagaimana, ya? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (7/9), berikut 8 hal yang hanya akan kamu alami sebagai pecinta buku, khususnya novel fiksi maupun based on true story:

1. Novel bisa menjadi teman tidur

8 Hal ini cuma dirasakan para pecinta novel, kamu termasuk juga nggak?

Iya, para bookworm pasti pernah melakukan hal ini. Membaca disebut-sebut sebagai terapi pengantar tidur, lho. Kamu termasuk juga nggak?

2. Rela mengesampingkan kebutuhan hal lain demi membeli novel incaran
Kalau sudah cinta sama novel, berapa pun harganya pasti dibeli. Bahkan tak jarang ada yang menunda membeli kebutuhan tertentu hanya demi mendapat novel yang sudah diidam-idamkan sebulan belakangan. Niat deh pokoknya!

3. Suka banget beli novel tiap bulan tapi entah kapan kelar membacanya

8 Hal ini cuma dirasakan para pecinta novel, kamu termasuk juga nggak?

Setiap ada promo buku baru, terlebih yang bikin jatuh hati, duh ... buru-buru deh langsung beli novel ini dan itu. Padahal di kamar, tumpukan novel yang belum dibaca sudah mencapai langit-langit kamar, bahkan sudah ada 10 kontainer/rak buku. Kamu gitu juga nggak, hayo?

4. Alur cerita dan para tokohnya bikin baper alias bawa perasaan

8 Hal ini cuma dirasakan para pecinta novel, kamu termasuk juga nggak?

Tak jarang para penikmat novel terbawa ke dalam suasana cerita yang disajikan penulisnya. Setiap kali membaca selalu berusaha meresapi kisahnya. Rasanya ingin jadi bagian dari novel yang dibaca. Betul?

5. Memotivasi jadi penulis cerita sendiri

8 Hal ini cuma dirasakan para pecinta novel, kamu termasuk juga nggak?

Untuk orang-orang tertentu, ada yang tak hanya ingin menikmati cerita novel, tapi juga menciptakan sebuah karya. Maka tak heran kalau banyak penulis novel fan fiction, bukan? Atau ada pula yang murni menciptakan kisah novel tersendiri.

6. Mendorong bikin review novel bersangkutan

8 Hal ini cuma dirasakan para pecinta novel, kamu termasuk juga nggak?

Sekarang sudah ada wadah untuk pembaca menulis review tentang novel yang dibacanya selain blog pribadi. Sebut saja Goodreads yang menjadi wadah tersendiri bagi pecinta buku atau novel memasukkan novel yang diinginkan, yang sedang dibaca, bahkan selesai dibaca lalu direview. Tapi kamu kudu sign up dulu kalau mau jadi bagiannya. Dengan membuat review keren, bisa jadi kamu bakal dipercaya banyak pihak untuk jadi reviewer atau resensor, lho.

7. Novel adalah sumber inspirasi
Sebuah novel tak hanya dinikmati alur ceritanya semata. Novel yang dianggap bagus adalah novel yang memiliki konten yang bisa diambil nilai-nilainya, sesedikit apa pun itu. Tak jarang ada yang merasa mengalami perubahan hidup setelah membaca sebuah novel. Ciye!

8. Novel jadi ladang rezeki

8 Hal ini cuma dirasakan para pecinta novel, kamu termasuk juga nggak?

Novel bisa jadi ladang rezeki tersendiri, misalnya saja kamu suka mereview lalu akhirnya diberi kepercayaan seorang penulis (bahkan bisa beberapa penulis) untuk mereview sekaligus mempromosikan novel mereka. Kamu jadi mendapatkan novel baru gratis, dong! Belum lagi kalau kamu dapat double novel gratis, terus diminta untuk dibagikan kepada orang lain melalui kuis Give Away (GA). Lantas, semisal kamu banyak sekali punya koleksi novel tapi ingin beli novel lagi melalui menjual koleksi pribadimu terlebih dahulu, bisa banget, lho. Jadi, kamu jual novel lama untuk beli novel baru. Rezeki banget, bukan?

Bagaimana, guys? Kamu merasakan poin yang mana saja?