Brilio.net - Tidur adalah salah satu kebutuhan hidup setiap manusia. Terutama untuk orang-orang yang sibuk, tidur pastilah menjadi sebuah aktivitas yang dilakukan untuk me-recharge energi mereka.

Namun ternyata ada beberapa dampak negatif yang akan dialami oleh seseorang saat dia tidak mendapat cukup tidur setiap harinya. Dan berikut adalah delapan dampak negatif dari kurang tidur yang dilansir brilio.net dari huffingtonpost.com pada Kamis (7/5):

1. Meningkatkan risiko penyakit stroke

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit stroke pada seseorang. Meskipun faktanya orang tersebut tidak memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit stroke. Orang dewasa yang setiap malamnya hanya tidur kurang dari 6 jam, bahkan empat kali lebih banyak berisiko teserang stroke.

2. Memicu obesitas

Loading...

Kurang tidur juga akan membuat seseorang secara tidak sadar menjadi lebih ceroboh dalam hal pemilihan menu makanan, misalnya saja seseorang lebih sering memilih makanan dengan porsi yang besar dan juga makanan-makanan cepat saji. Dan hal tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 mengemukakan bahwa semakin sedikit waktu seseorang untuk tidur, menyebabkan semakin tingginya penolakan tubuh pada insulin. Yang menurut National Institute of Diabetes and Digestive and kidney Diseases berarti tubuh orang tersebut tidak akan dapat menyerap insulin dengan sempurna.

4. Menurunkan kemampuan mengingat

Semakin sedikit waktu tidur seseorang, semakin sedikit juga waktu untuk salah satu bagian otak kita yang berfungsi sebagai penyimpan ingatan untuk beristirahat. Menurut penelitian tahun 2013, kurang tidur juga dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan kinerja otak.

5. Pengeroposan tulang

Percobaan yang dilakukan pada seekor tikus menunjukkan bahwa semakin sedikit waktu tidurnya maka akan semakin besar risiko terkena osteoporosis. Para peneliti juga menjelaskan bahwa jika hal itu juga nantinya terjadi pada manusia, diharapkan penelitian yang mereka lakukan dapat cukup membantu ke depannya nanti.

6. Meningkatkan risiko kanker

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa saat seseorang tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka orang tersebut semakin berisiko terjangkit beberapa jenis kanker. Peneliti yang sempat melakukan screening kanker pada 1240 orang menyatakan bahwa 338 orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam terbukti mengidap kanker.

7. Menyebabkan sakit jantung

Rasa stres yang dirasakan oleh orang yang kurang tidur dapat menyebabkan tubuhnya memproduksi lebih banyak hormon dan senyawa kimia yang nantinya akan menyebabkan serangan jantung. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa orang yang setiap malamnya hanya tidur kurang dari 6 jam memiliki risiko 48% lebih besar untuk meninggal karena serangan jantung.

8. Pembunuh yang cepat

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menyatakan bahwa pria yang tiap malamnya tidur kurang dari 6 jam akan lebih berisiko untuk tutup usia di usia yang masih muda.