Brilio.net - Rutinitas bekerja dimulai dari bangun pagi untuk bersiap ke kantor, bekerja nonstop dari jam delapan pagi sampai jam lima sore, beberapa meeting diikuti setiap harinya, lalu pulang dengan setumpuk pekerjaan yang belum terselesaikan, dan kembali tidur setelah larut malam.

Semua itu mungkin jadi tantangan terbesar kamu dalam bekerja, ya kan? Apalagi siklus seperti ini terjadi berulang dari Senin sampai Jumat lagi. Pusing? Pasti! Capek? Apalagi!

Tapi sebenarnya, rutinitas seperti di atas, membuat atasanmu senang dengan hasil kerjamu, bukan tantangan terbesar dalam bekerja. Semua orang dari belahan dunia manapun melakukan hal yang sama. There's nothing special about it! Tantangan terbesar, dimana kita bekerja dengan sekelompok orang dalam tim adalah bagaimana kita bisa menonjol dari yang lain.

Mendapat promosi, dihormati orang-orang di kantor, dan dipercaya atasan adalah beberapa contoh keuntungan yang bisa kamu dapat kalau kamu stand out di lingkungan kerja. So how we do this? Sekedar hanya 'doing you job' juga nggak akan cukup. Kamu harus punya nilai lebih dengan melakukan hal-hal yang lebih dari sekedar menjalankan kewajiban kamu.

But, dont worry, masih banyak jalan menuju Roma. Banyak cara pula jika kamu ingin menjadi stand out di kantor. Berikut rangkumannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (6/6):

Loading...

1. Selalu punya inisiatif

Lakukan sesuatu secara inisiatif mulai dari hal kecil. Ini adalah cara paling gampang kalau kamu ingin mendapat perhatian lebih dari atasan dan bahkan karyawan lainnya.

Akan selalu ada orang-orang yang akan menganggap tindakan kamu sebagai tindakan 'cari muka', tapi lakukan hal-hal itu dengan tulus. Ketulusanmu yang akan membuat kamu lebih menonjol daripada orang lain.

2. Aktif melakukan bagian pekerjaanmu

Coba deh perhatikan, berapa banyak orang yang hanya melamun, bermain ponsel, atau hanya sebagai pendengar yang baik di setiap rapat kantor? Rapat bisa jadi kesempatan buat kamu untuk bersinar, lho.

Fokuskan dirimu dan beranilah untuk bicara. Berikan pendapat, ide, atau kritik yang membangun dengan sopan, dan tidak asal berbicara. Tentunya kamu juga harus perhatikan kesempatan yang tepat, ya, untuk berbicara.

3. Tepat waktu

Warren Buffett once said, "it takes a lifetime to build a good reputation, but only takes 15 minutes to destroy it!". Salah satu cara untuk membangun reputasi adalah dengan membiasakan diri untuk selalu organized atau bisa mengorganisir waktu.

Nggak sulit kok. Memang butuh konsistensi untuk bisa membangun image sebagai seseorang yang dapat diandalkan dan tepat waktu. Kamu bisa mulai dengan rajin mencatat dan mengaktifkan reminder untuk hal-hal penting yang perlu kamu kerjakan.

4. Berpenampilan yang menarik

Penampilan bukan segalanya, tapi penampilan yang bisa membantu image kamu. Secara umum, pakaian yang dikenakan seseorang, memberi gambaran mengenai kepribadian pemakainya.

Sebelum pergi ke kantor, luangkan waktu untuk bercermin dan merapikan penampilanmu. Rambut rapi, pakaian bersih, dan nafas yang segar tentu bisa menyempurnakan penampilanmu.

5. Jangan kuper!

Buat kesan yang baik dengan teman-teman kantormu. Kamu juga harus update dengan hal-hal yang terjadi di kantor.

Bukan berarti kamu jadi orang yang paling kepo, tapi dengan melakukan hal ini, kamu sedang membangun reputasi sebagai seseorang yang concerne dan well-informed, lho.

Dengan bersosialisasi, kamu bakal punya banyak keuntungan di lingkungan kerjamu. Coba deh!

6. Perhatian kepada teman sekantor

Bekerja dengan tim artinya bekerja dengan orang yang memiliki karakter dan pembawaannya masing-masing. Untuk itu, berilah perhatianmu 100% kepada mereka yang sudah bekerja keras mencari sesuap kamu dengan kamu.

Kamu juga bisa memberi pujian ketika ada temanmu yang berhasil dalam negosiasi dengan klien misalnya. Tapi sekali lagi, lakukan dengan tulus ya? Jangan sampai kamu terlihat fake dan manipulatif.

7. Bisa memberi solusi untuk permasalahan di kantor

Banyak orang yang bisa menemukan masalah, tapi hanya sedikit yang dapat memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Percayalah, menemukan kelemahan seseorang atau sesuatu adalah hal yang mudah, tapi hal itu tidak akan membuat kamu mendapat respek dari siapapun.

Jika kamu melihat kesalahan atau cacat dalam perencanaan atau pekerjaan, lakukan sesuatu untuk menyelesaikannya. Lakukan yang terbaik dan maksimalkan kontribusimu.

8. Sopan santun

Kita seringnya bersikap baik kepada orang yang jabatannya lebih tinggi dari kita. Tapi, bersikap baik dengan orang yang berada di bawah kita seperti staff admin, petugas kebersihan, security, atau bahkan penjaga kantin di kantor kamu juga nggak ada ruginya lho.

Dengan menggunakan kata 'tolong' atau mengucapkan 'terima kasih', atau menyapa saat bertemu, akan meninggalkan kesan yang baik. Nantinya kamu juga akan menerima perlakuan yang baik juga dari mereka. Dont judge a book by it's cover. But good cover can reflect good content. Karakter seseorang terkadang dinilai dari bagaimana dia memperlakukan orang di bawahnya.

Let's be stand out!

BACA JUGA TIPS BRILIO LAINNYA:

Mau interview kerja? Pilih antrean nomor empat dijamin kamu sukses!

Tips jitu biar kamu diangkat menjadi karyawan tetap

11 Tips jitu agar kamu bisa kuliah luar negeri via beasiswa LPDP

Kamu pekerja kantoran? Kamu sangat perlu berdiri minimal 2 jam sehari 

4 Cara biar tak salah kostum di hari pertama kerja

13 Kelakuan yang menandakan kamu benci sama pekerjaanmu sendiri