Brilio.net - Otak merupakan saraf pusat yang mengendalikan tubuh kamu. Nah, biar pusat dari tubuhmu semakin sehat, kamu bisa makan makanan berikut.

Dikutip brilio.net dari laman huffingtonpost.com, Rabu (13/5), berikut daftar makanan yang bisa menyehatkan otakmu:

1. Ikan
Makan dua porsi ikan setiap minggu dapat memberikan manfaat kesehatan otak karena merupakan sumber asam lemak omega 3, yang berfungsi penting untuk otak. Bahkan ada yang mengaitkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi asam lemak omega 3 memiliki risiko rendah terhadap demensia dan stroke, dengan kata lain bisa meningkatkan memori.

2. Kacang dan cokelat hitam
Cokelat hitam dipercaya mempertajam fokus karena kafein yang dikandungnya. Satu ons kacang per hari merupakan sumber vitamin E, yang dapat memperlambat penurunan kognitif.

3. Bluberi
Selain lezat, menurut penelitian ternyata buah ini bisa membantu menurunkan risiko Alzheimer dan demensia.

4. Rempah-rempah
Menurut Daniel Amen, dokter sekaligus penulis "Use Your Brain To Change Your Age", kayu manis dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Bawang putih, oregano dan rosemary dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Begitu pun kare bisa menjadi anti-inflamasi dan kunyit memiliki efek antidepresan.

5. Lemak baik
Jangan menghilangkan semua lemak dalam tubuhmu. Tidak semua lemak itu jahat. Risiko kondisi kolesterol dalam tubuh yang terlalu rendah dapat menyebabkan depresi, lho.

Untuk mendapatkan lemak baik, seorang dokter bernama Daniel Amen menyarankan untuk makan makanan yang mengandung omega 3 yang sehat untuk otak, misalnya walnut, kacang brasil, ikan, daging domba, alpukat, dan sayuran berwarna hijau.

6. Sayuran
Perbanyaklah mengonsumsi brokoli, kembang kol, dan kubis yang memiliki manfaat besar bagi otak. Sayuran itu bersifat antioksidan sehingga bisa melindungi otak. Sebuah studi di Harvard Medical School menemukan bahwa wanita yang makan lebih sayuran ini memiliki usia otak 1-2 tahun lebih muda daripada usia sebenarnya.

7. Semua jenis butir-butiran atau biji-bijian
Bahan makanan dari butir-butiran seperti beras, makaroni, atau tepung dapat menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Kondisi stabil tersebut dapat membuatmu lebih berenergi dan fokus.

Nah, gimana? Siap mengatur kembali menu makanmu supaya otak semakin tokcer?