Brilio.net - Seiring dengan bertambahnya usia namanya kerutan di wajah atau keriput memang tak bisa dihindari. Tentunya hal itu membuat siapapun wanita menjadi kesal. Pasalnya jika wajah sudah keriput susah sekali untuk mengembalikannya menjadi mulus kembali.

Namun tahukah kamu keriput di wajah bisa datang lebih cepat lho. Hal itu bisa disebabkan kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kamu sadari bisa berdampak buruk pada kulitmu. Pasti kalian nggak mau kan kelihatan tua sebelum waktunya. Nah sebelum hal-hal itu terjadi, lebih baik simak di bawah ini, kebiasaan buruk yang bisa membuat keriput seperti yang sudah brilio.net kumpulkan dari womenhealth, Selasa (8/12):

1. Merokok

kebiasaan keriput © 2015 brilio.net foto : cig007

Rokok menjadi penyebab paling umum dari kulit keriput. Penelitian telah menunjukkan kandungan dalam rokok bisa membuat kulit menjadi mengendur dan menjadikannya keriput. Nah jika kamu tidak ingin keriput sebelum waktunya, hindari rokok ya?

2. Makan makanan manis

kebiasaan keriput © 2015 brilio.net foto : yourcupofcake.com

Selain membuat gemuk, makan makanan yang mengandung banyak gula ternyata bisa membuat kulit cepat keriput lho. Molekul gula yang menempel pada protein dapat membuat kulit menjadi kaku dan mati. Hal ini menyebabkan hilangnya elastisitas pada wajah, pembengkakan dan munculnya garis-garis halus.

3. Sering minum alkohol

kebiasaan keriput © 2015 brilio.net foto : generationiron.com

Semua jenis alkohol dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit. Ini berarti setelah kamu minum alkohol kulitmu akan terlihat kering dan pucat saaat bangun pagi harinya. Tak hanya itu saja, alkohol juga bisa mengurangi manfaat vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan pada kulit.

4. Mengunyah permen karet

kebiasaan keriput © 2015 brilio.net foto : flanagansmiles.com

Sering mengunyah permen karet ternyata juga bisa membuatku keriput lho. Hal ini disebabkan otot mulut yang digunakan mengunyah bekerja begitu keras sehingga membuat kulit ikut tertarik dan menyebabkannya menjadi cepat keriput. Duh, makanya kalau ngunyah permen karet yang biasa saja ya ladies..

5. Tidak pernah menghapus make up

kebiasaan keriput © 2015 brilio.net foto : skintrium.com
Seusai menjalani rutinitas yang panjang tentunya kamu ingin segera tidur begitu sampai di rumah tanpa berniat membersihkan make up. Nah kebiasaan ini ternyata berdampak buruk lho. Make up yang bercampur dengan debu akan menumpuk dan masuk ke pori-pori kulit. akibatnya kandungan kolagen dan elastin di kulit ikut terganggu dan mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu biasakan bersihkan wajah sebelum tidur.

6. Suka menekan jerawat

kebiasaan keriput © 2015 brilio.net foto : akronchildrens.org

Jerawat memang membuatmu kesal dan gatal. Ujung-ujung saking kesalnya kamu menekan sendiri jerawat di wajahmu. Wah jangan ya ladies. Jerawat itu sebaiknya dibiarkan keluar sendiri atau bisa gunakan bahan alami. Kalau kamu menekan jerawatmu sembarangan bisa meninggalkan bekas iritasi di kulit dan keriput di wajah.

7. Posisi tidur

kebiasaan keriput © 2015 brilio.net foto : huffingtonpost.com

Posisi tidur ternyata juga berpengaruh lho pada kulit. Tidur dengan menaruh wajah tengkurap di bantal ternyata tidak baik, karena bisa menghambat pori-pori di kulit untuk tumbuh dan menyebabkannya keriput. Oleh karena itu biasakan tidur secara telentang.