Brilio.net - Inspirasi dibuatnya sebuah film memang bisa berasal dari mana saja, seperti dari sebuah novel dan bahkan banyak juga yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Mulai dari film dengan genre action, drama, komedi, bahkan horor ada yang dibuat berdasarkan kisah nyata atau pengalaman seseorang.

Nah, bisa kamu bayangkan betapa seramnya jika film horor dibuat dari kisah nyata, bukan? Kali ini brilio.net bakal ngasih tahu kamu film horor, yang semuanya diangkat dari kisah nyata.

1. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Loading...

hantu nyata © 2016 brilio.netfoto: imdb.com 

Sosok asli tokoh Emily Rose adalah seorang gadis bernama Anneliese Michel yang didiagnosa dokter menderita kejang parah. Namun, Anneliese makin lama makin bersikap aneh hingga menyerang anggota keluarganya sendiri. Dirinya juga ketakutan bila berada di dekat benda-benda yang berbau keagamaan.

Anneliese menjalani 40 kali exorcism atau ritual pengusiran setan hingga akhirnya meninggal tahun 1976. Hingga kini makamnya masih dikeramatkan.

2. The Haunting in Connecticut (2009)

horor nyata  © 2016 brilio.netfoto: horrornews.net

Film ini diangkat dari laporan Carmen Snedeker yang diterima dari wilayah Connecticut, Amerika Serikat pada tahun 1986. Mereka mengakui bahwa banyak kejadian aneh yang mereka alami di rumah tersebut dimulai dari diperkosa setan hingga air keran berwarna darah yang berbau daging busuk. Setelah ditelusuri barulah diketahui bahwa ternyata rumah yang mereka tinggali dulunya adalah rumah duka.

BACA JUGA: 10 Film horor paling seram yang wajib kamu tonton di 2016, berani?

3. The Rite (2011)

horor nyata © 2016 brilio.netfoto: moviebuff.com 

Film The Rite menceritakan mengenai seorang pendeta yang belajar mengenai cara mengusir setan di Roma. Ternyata hal itu memang benar adanya dan di Roma memang ada institusi yang mengajarkan para pendeta untuk mengusir setan ataupun iblis.

Film ini sendiri berfokus kepada kisah asli seorang pendeta bernama Gary Thomas yang dikirim ke Roma untuk berlatih dan bekerja sebagai salah satu pengusir iblis atau setan.

Gary Thomas merupakan salah satu dari 14 orang di Amerika yang memiliki lisensi resmi sebagai pengusir setan. Berdasarkan dari pengamatan Thomas selama dirinya melakukan pengusiran setan, terdapat beberapa kejanggalan utama ketika dirinya berdoa, dimulai dari iblis tersebut kesakitan, menunjukkan gerakan aneh, hingga menjelma menyerupai ular.

4. The Possession (2012)

horor nyata  © 2016 brilio.netfoto: movieinsider.com

The Possession adalah film yang berkisah tentang seorang yang mengalami kerasukan oleh kotak antik yang dibelinya. Tanpa ia sadari bahwa kotak tersebut memiliki kekuatan roh jahat sehingga mengutuk wanita yang membeli. Kotak antik bernama Dybbuk Box tersebutlah yang menjadi inspirasi yang bersumber dari kisah nyata.

Pada pertengahan tahun 2000 kisah tentang kotak Dybbuk ini muncul. Adalah eBay dalam sebuah listingnya terdapat kotak Dybbuk tersebut. Kotaknyaterjual dengan harga USD 300.

Kevin Mannis adalah penjual kotak tersebut. Kotak didapatkan dari sebuah rumah yang baru dia beli saat itu. Kejadian ini dimulai saat dia hendak memberikan kotak Dybbuk yang berisi sekumpulan rambut, uang receh, beberapa gelas anggur, bunga kering, dan ukiran granit kepada ibunya.

Tak lama hanya dalam hitungan menit setelah kotak Dybbuk itu diberikan kepada ibunya. Tiba-tiba ibunya terserang stroke secara seketika dan tidak mampu lagi berbicara. Siapapun yang membawa kotak tersebut akan ditimpa kesialan.

5. The Conjuring (2013)

film horor 1-12 © 2015 brilio.netfoto: amazon.com

Film horor yang berawal dari kisah nyata berikutnya adalah The Conjuring. Film horor yang menuai sukses pada 2013 yang lalu adalah sebuah film yang berkisah tentang kisah nyata dari keluarga Perron yang menempati rumah berhantu.

Andrea Perron menceritakan kisah nyatanya saat menempati rumah berhantu itu dengan menuangkannya ke dalam tiga buah karya buku tulisannya yang akhirnya diangkat menjadi film layar lebar.

Kisah ini berawal ketika keluarga Perron yang berpindah tempat tinggal ke sebuah rumah peternakan peniggalan koloni di Harrisville pada tahun 1971 mengalami kejadian dan peristiwa aneh dan mengerikan selama mempati rumah tersebut. Kejadian ini melibatkan pasangan paranormal yang terkenal yaitu Ed dan Lorraine Warren dalam pengusiran setan.

6. Annabelle (2014)

horor nyata  © 2016 brilio.netfoto: clipd.com

Masih ingat dengan boneka seram bernama Annabelle yang filmnya tayang pada tahun 2014 lalu? Kisah Annabelle ini ternyat terinspirasi dari kisah nyata. Annabelle adalah boneka yang dulunya dimiliki oleh seorang gadis dari sekolah keperawatan bernama Donna.

Boneka ini merupakan pemberian ibu Donna. Donna sangat menyukai boneka itu hingga ia membawanya serta saat pindah ke apartemen kampusnya. Beberapa lama setelah pindah, boneka itu mulai menunjukkan keanehan. Boneka itu sering berpindah tempat meskipun tak ada orang yang memindahkannya. Beberapa kejadian misterius yang tak dapat dijelaskan dengan akal sehat membuat Donna dan sahabatnya Angie yakin kalau boneka itu hidup.

Keduanya pun membawa boneka tersebut ke paranormal. Usut punya usut, ternyata boneka itu dirasuki oleh arwah seorang gadis kecil bernama Annabelle. Kisah tentang Annabelle ini kemudian sampai ke telinga Ed dan Lorraine Warren, dua orang investigator fenomena paranormal yang cukup terkenal yang juga menangani rumah berhantu yang diangkat dalam film The Conjuring. Sekarang Annabelle menjadi koleksi di Warren Occult Museum di Moodus, Connecticut yang dikelola oleh Lorraine Warren.

7. Amityville: The Awakening (2016)

horor nyata  © 2016 brilio.netfoto: screenrelish.com

Film yang akan rilis pada April 2016 yang akan datang ini adalah film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul The Amityville Horror. Film ini menceritakan tentang sebuah rumah berhantu yang berada di Long Island yang konon terinspirasi dari kisah nyata.

Bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari ibu dan juga ketiga anaknya. Mereka memutuskan untuk pindah ke luar kota untuk mempermudah pengobatan seorang anak lelakinya yang saat ini sedang koma.

Di suatu malam, terjadilah beberapa keanehan, yaitu putranya yang selama ini hanya terbaring di tempat tidur dan juga dibantu oleh beberapa buah alat bantu kehidupan, tiba-tiba saja bisa membuka mata dan berkomunikasi.

Dokter yang sejauh ini menanganinya pun juga merasa terheran karena menurut dokter tersebut, belum ada yang bisa sembuh dari penyakit yang diderita sang putranya tersebut. Mungkinkah sang putra dirasuki oleh penghuni rumah tersebut?