Brilio.net - Online dating atau kencan online adalah cara ampuh untuk bertemu dengan orang baru. Seperti yang dilansir brilio.net dari Bustle, Kamis (31/12), meski merupakan cara ampuh tetapi online dating juga berpotensi membahayakan kamu di beberapa situasi. Jadi kalau kamu berniat untuk kencan online, ingat untuk mengutamakan keselamatan kamu sebagai prioritas utama saat kencan online.

Beberapa tahun yang lalu kencan online dianggap sebagai hal yang tabu dan banyak yang tak mau melakukannya. Tapi sekarang cara ini dianggap normal dan dapat diterima untuk bertemu dengan seorang pasangan yang cocok. Bahkan, menurut Match.com, lebih dari 40 juta orang menggunakan layanan kencan online. Angka yang fantastis bukan?

Jelas ini merupakan keuntungan dari adanya internet, meski tetap ada kelemahannya. Dengan kencan online, timbul potensi penguntit, pembohong, dan juga orang-orang yang memang mencari keuntungan negatif dari itu semua. Tentu saja hal itu pun juga terjadi dalam kencan tradisional, tapi lebih mudah untuk dilakukan di balik layar komputer untuk melakukan segala macam hal jahat.

Tidak ada alasan untuk kencan online, dan kebanyakan situasi berakhir baik-baik saja. Tetapi, karena kamu harus keluar sendiri untuk kencan dengan orang asing yang baru kamu temui di internet, kamu harus lebih berhati-hati.

Nah, berikut 6 tips aman online dating yang harus kamu perhatikan:

1. Jangan memberikan informasi yang terlalu banyak

6 Tips aman kencan online menurut ahli, biar kamu nggak tertipu!

Kamu tentu harus mempertimbangkan untuk tidak memberikan informasi terlalu banyak kepada orang asing. Tentu saja kamu juga tak perlu berbohong untuk menutupi jati diri, tapi kamu memang tidak perlu memberikan nomor telepon, alamat, dan bahkan nama lengkapmu, sebelum kamu benar-benar mengenal seseorang.

Sebagaimana dicatat oleh Terri Orbuch, Ph.D., di Psychology Today, "Cara terbaik adalah menggunakan nama pertamamu sebagai percakapan awal, dan baru memberikan informasi secara rinci setelah kamu bertemu secara langsung dengannya dan dapat saling mengenal secara baik. Teman kencan online-mu pasti akan paham mengapa kamu melakukan ini dan mereka juga akan melakukan hal yang sama."

2. Berhati-hatilah dalam menggunakan foto profil

6 Tips aman kencan online menurut ahli, biar kamu nggak tertipu!

Foto profil yang kamu gunakan bisa mengungkapkan lebih banyak hal daripada yang kamu sadari. Jangan memposting fotomu di mana kamu tengah berada di depan rumahmu atau depan kantormu. Bahkan, mungkin kamu membutuhkan tindakan pencegahan dengan menggunakan foto profil khusus yang hanya kamu gunakan untuk situs kencanmu.

Menurut Shani Perak pada XoJane.com, "Pendapat saya adalah, kamu foto kencan online-mu harus digunakan hanya untuk situs tersebut. Ambil satu set terpisah dari foto, entah selfie atau apa pun, dan hanya digunakan untuk foto profil situs tersebut."

Shani Perak juga berpendapat, foto profil yang kamu gunakan, jika diambil dari akun sosial mediamu bisa dilacak dalam Google Image Search dan dapat menguak semua informasi pribadimu. Jadi, gunakanlah foto baru yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya.

3. Jangan terburu-buru untuk segera bertemu

6 Tips aman kencan online menurut ahli, biar kamu nggak tertipu!

Mungkin kamu merasa sudah sangat klik dengan teman kencan online-mu dan tergoda untuk bertemu dengannya hanya dalam satu atau dua obrolan. Tapi, kamu harus menahan diri untuk bergerak terlalu cepat, jangan sampai kamu menunjukkan kalau kamu sudah sangat bernafsu.

Menurut Orbuch, "Studi menunjukkan bahwa hubungan berkembang secara lebih cepat secara online. Saran saya adalah untuk menunggu setidaknya satu minggu sebelum kamu bertemu tatap muka. Dan, sebelum kamu bertemu langsung, berpindah percakapan dari online ke telepon akan membantumu merasa lebih klik atau tidak. Juga, mengulur waktu akan membuatmu melihat bagaimana perkembangan sifat dan sikap mereka."

4. Bertemu di tempat umum

6 Tips aman kencan online menurut ahli, biar kamu nggak tertipu!

Jadi, kamu sudah mengenalnya beberapa minggu, kamu juga sudah sering berkomunikasi di telepon, dan semua terasa menyenangkan. Sekarang adalah waktu untuk bertemu dengan orang tersebut dan memiliki tanggal resmi kencan pertamamu.

Tapi, perlu diingat beberapa tips aman. Pertama, kamu harus tiba di tempat yang terpisah. Dengan cara itu, jika ternyata orangnya bukan yang kamu inginkan, kamu dapat dengan mudah meninggalkan tempat tersebut tanpa rasa canggung. Kamu juga harus bertemu di tempat umum seperti restoran atau mal yang ada banyak orang di situ. Ini jauh lebih aman daripada bertemu di tempat sepi, atau bahkan di rumah mereka.

5. Jangan membiarkannya mengantarkanmu pulang

6 Tips aman kencan online menurut ahli, biar kamu nggak tertipu!

Tentu itu adalah hal yang romantis. Tapi, jika kamu belum mengenal baik seseorang, kamu tidak tahu apa yang ada dalam pikiran dan hati mereka. Dan itulah mengapa kamu tidak mau mereka tahu rumahmu sampai kamu benar-benar yakin kepadanya.

Menurut Silver, "Mungkin dia orang yang benar-benar bagus dan berniat baik, dan kamu juga belum mau berpisah dengannya. Atau kamu takut berbuat kasar dengan menolak diantar pulang. Pada dasarnya, lebih baik untuk menjadi terlalu berhati-hati daripada menemukan diri dalam situasi yang berbahaya."

6. Ingatlah, tidak masalah untuk mengakhiri online dating jika kamu tidak merasa nyaman

6 Tips aman kencan online menurut ahli, biar kamu nggak tertipu!

Mungkin kamu merasa kecewa setelah mengenalnya secara langsung dan merasa tidak enak untuk meninggalkannya. Mungkin kamu tak mau menjadi terlalu kasar, atau merasa berhutang waktu padanya. Pada kenyataannya, kamu tidak berhutang apa pun pada siapa pun. Jika kamu ingin pergi ketika bertemu, atau menghapus pesan mereka, lakukanlah.

Menurut Robert Weiss di Huffington Post, "Jika kamu merasa tidak nyaman, ada sesuatu yang salah. Periode. Keluarlah. Jika situasi menjadi tidak seperti yang kamu inginkan kamu tak perlu merasa tidak enak. Ingat, tidak ada keadaan yang membuatmu berkewajiban untuk melanjutkan kencan online atau interaksi online."