×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Kesalahan menyikat gigi ini pasti sering kamu lakukan, hati-hati lho

View Image

0

BRILIO » Life

6 Kesalahan menyikat gigi ini pasti sering kamu lakukan, hati-hati lho

Gerakan, waktu serta kebiasaan menyikat gigi ternyata memiliki pengaruh yang nggak sedikit dalam mempertahankan kesehatannya.

27 / 07 / 2015

Brilio.net - Sikat gigi itu wajib hukumnya untuk dilakukan supaya kesehatan gigi dan mulut selalu terjaga. Para ahli bahkan mengatakan bahwa, minimal kita harus menyikat gigi dua kali sehari, pada saat bangun tidur dan ketika beranjak kembali ke kasur pada malam harinya. Bahkan kalau perlu, kamu juga mesti menyikat gigi setelah makan supaya sisa-sisa makanan nggak mengeras, sehingga menjadi plak yang dapat merusak gigi. Sudah cukup? Belum!

Yang nggak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan gigimu adalah bagaimana sih caramu menyikat gigi? Kalau cuma sekedar menggosok sih, nggak bakalan ngefek! Bahkan acara bersikat gigi ternyata jauh lebih kompleks ketimbang yang selama ini kita lakukan lho. Gerakan, waktu serta kebiasaan menyikat gigi ternyata memiliki pengaruh yang nggak sedikit dalam mempertahankan kesehatannya.

Dilansir brilio.net dari Daily Mail, Senin (27/7), berikut ini 6 kesalahan dalam menyikat gigi yang sering kita lakukan, seperti yang disampaikan oleh Michael Tam, seorang dokter ahli gigi di Amerika.

1. Berkumur usai sikat gigi

Hayooo, kamu pasti sering berkumur segera setelah selesai menyikat gigi kan? Berkumur setelah setelah menyikat gigi ternyata adalah salah besar dan sangat tidak dianjurkan. Menyikat gigi sebenarnya bertujuan untuk memperbaiki dan membersihkan daerah mulut. Berkumur segera setelah menyikat gigi adalah perbuatan sia-sia sebab bahan-bahan yang terkandung di dalam pasta gigi tidak meresap dengan baik pada gigi. Sebaiknya berkumurlah 30 menit setelah menyikat gigi ya?

Loading...

2. Langsung sikat gigi setelah makan

Menyikat gigi setelah makan memang bagus, supaya sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut tidak mengeras dan berubah menjadi plak yang merusak gigi. Tapi jangan sekali-kali menyikat gigi segera setelah makan ya? Sebaiknya beri jeda sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi. Hal ini disebabkan karena beberapa jenis makanan dan minuman, terutama yang mengandung asam dapat melembutkan enamel gigi. Menyikat gigi segera setelah makan dapat mengganggu keseimbangan oh alami di dalam mulut.

3. Menyikat gigi terlalu keras

Sikat gigi itu jangan keras-keras. Pelan-pelan saja. Menyikatnya dengan terlalu keras hanya akan membuat pengikisan pada gigi. Kalau perlu gantilah pasta gigimu dengan sikat gigi berbulu sikat halus untuk mengurangi abrasi. Dan ingat, jangan keras-keras saat menyikatnya ya?

4. Menyikat gigi kurang dari dua menit

Berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk menyikat gigi? Semenit? Dua menit? Menurut Michael Tam, kamu membutuhkan waktu menyikat gigi selama dua sampai tiga menit. Kurang dari itu ternyata menyebabkan sisa-sisa makanan tak terbuang seratus persen sehingga kemungkinan bisa menyebabkan noda pada gigi. Percayalah, banyak busa bukan berarti semua kotoran terangkat!

5. Terlalu sering ngemil

Sering mengemil? Wah, kebiasaan ini bukan cuma buruk untuk kamu yang sedang dalam program diet, gigimu juga bisa rusak karena kebiasaan ini lho. Mengemil terlalu sering sepanjang hari, hanya akan membuat mulut menjadi lebih asam dan gigi pun jadi lebih gampang rusak. Mau?

6. menyikat gigi saat mandi

Hayooooo, kesalahan menyikat gigi ini pasti sering kamu lakukan kan? Praktis sih memang, tapi menyikat gigi saat mandi, terutama pada pancuran air yang mengalir sebenarnya nggak bikin kamu jadi fokus menyikat gigi lho. Cara terbaik dalam menyikat gigi adalah dengan berdiri di depan cermin, sehingga kamu bisa sekaligus melihat rongga mulut saat menyikatnya. Hayo, perhatikan lagi. Jangan sampai salah menyikat gigi lagi ya? Kesehatanmu lho!

BACA JUGA TIPS BUAT KESEHATAN KAMU LAINNYA:

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?

7 Manfaat dahsyat buah kurma untuk kesehatan kamu

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Pengen kulit kamu selalu sehat? Makan buah-buahan kaya vitamin C ya!

Rajin olahraga nggak cuma menyehatkan, tapi bisa bikin kamu jenius!

PERLU KAMU BACA:

Gadis ini rela tinggalkan dunia fashion show demi pertahankan hijab

Perempuan ini tetap pede berhijab di kompetisi masak Amerika, salut!

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Tinggalkan fashion show, Nitta yang berhijab kini jadi guru honorer

Sering dandan bisa bikin cewek lebih cepat alami penuaan dini, duh!

Cara berpakaian ternyata bisa menentukan kecerdasan kamu, percaya?

Ladies, ini cara mencuci pakaian dalam yang benar

5 Kesalahan dalam berdandan yang sering dilakukan wanita







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more