Brilio.net - Indonesia dikenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi sopan santun. Nggak jarang, orang-orang dari luar negeri yang datang berlibur ke Indonesia selalu mempunya pendapat yang sama. Orang Indonesia itu ramah.

Tapi selain keramahannya, Indonesia sebenarnya juga dikenal sebagai orang-orang yang lucu dan kreatif, lho. Sebagai negara berkembang, memang Indonesia seringkali menemui beragam kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, karena kreativitasnya, Indonesia selalu punya solusi untuk bikin hidup jadi lebih hidup.

Kreativitas itulah yang akhirnya bikin orang Indonesia justru memiliki aturan-aturan bahkan bahasa-bahasa yang dipergunakan dalam pergaulan sehari-hari yang cuman dimengerti orang Inedonesia saja. Pokoknya, ketika mereka mengucapkan kalimat itu, orang lain pasti sudah mengerti maksud dari pembicaraannya. Apa aja? Berikut istilah bahasa-bahasa itu seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber:

1. Pengucapan jam
Ini mungkin cuma orang Indonesia aja yang mengerti peraturan tentang jam ini. Pasti sering kan, ketika kamu diundang ke sebuah acara, dan ketika kamu bertanya, "jam berapa?" jawabnya adalah "habis maghrib".

Dengan mengandalkan insting, orang Indonesia pasti tahu apa arti dari "habis maghrib". Kita akan datang, biasanya sekitar pukul 18.30-19.00 WIB.

Atau kalau misalnya kita janjian untuk ketemu dengan teman, kalau misalnya kita diberi kode "siangan dikit", maka besar kemungkinan kita bakal datang sekitar pukul 10.00-11.00 WIB. Coba aja kalau bahasa ini kita ngomong sama orang bule? Malah bingung kan mereka?

2. 'Lihat nanti ya'
Kamu pasti sering banget merasa nggak enak untuk menolak ajakan temanmu saat kamu sebenarnya sudah punya jadwal lain untuk dikerjakan. Ketimbang menolak secara tegas, orang Indonesia lebih sering menggunakan kalimat, "lihat nanti yaa."

Kalau kamu mendengat kalimat ini, sudah pasti deh, ajakan kamu itu ditolak. Cuma, mereka nggak enak hati buat menolak secara langsung. Bener nggak hayo?

3. Kualat
"Ih, kok kamu bohong sama Mama kamu sih? Ntar kualat lho!"

Sering dengar kalimat ini? Ya, orang-orang di Indonesia itu sangat menghargai orang yang lebih tua. Makanya saat kita bertemu dengan yang lebih tua, biasanya kita langsung membungkuk dan mencium tangannya.

Orangtua dianggap orang yang sudah banyak pengalaman hidupnya. Jadi kudu dihormati. Pernah dengar cerita tentang Malin Kundang atau Sangkuriang kan? Nah, ini contohnya kalau kualat sama orang tua.

4. Belum 5 menit
Ini lebih aneh lagi nih. Kalau kita sedang makan dan makanan itu nggak sengaja jatuh ke lantai, kita nggak akan langsung membuangnya. Di Indonesia ada istilah, belum 5 menit. Pengucapan belum lima menit ini muncul akibat sebuah iklan permbersih lantai di tahun 1990-an silam.

Dalam iklan itu diceritakan, pembersih lantai itu mampu mematikan kuman dan bakteri di lantai, sehingga walaupun makanan jatuh, tidak akan terkontaminasi.

5. Belum rejeki
Beneran, ini trik yang paling kece buat menghibur temanmu. Misalnya yang lagi mengalami kesusahan. Atau bahkan kita sering menghibur diri kita sendiri dengan kalimat ini juga kan?

Contohnya, kalau ada yang bertanya, "kemarin lolos CPNS nggak?", maka bisa jadi jawabannya, "belum rejeki nih" akan lebih sering diucapkan ketimbang, "duh, nggak lulus nih".

6. Pamali
Ini yang paling sering kita dengerin, yang sering diucapkan orangtua maupun kakek atau nenek. Pamali itu seperti pantangan yang kita lakukan, namun suatu saat kita akan kena batunya.

Misalnya, "kalau nyapu harus bersih, nanti suaminya berewokan".

Kebersamaan itu bisa ditunjukin dengan berbagai macam cara, contohnya hal-hal yang unik seperti juga bisa mempererat kebersamaan. Bahkan kalau kita pelajari lagi, di masing-masing daerah pasti ada cara bergaulnya masing-masing. Tuh kan, Indonesia memang unik!