Brilio.net - Buang air besar alias BAB merupakan siklus alami dari metabolisme tubuh. Secara otomatis, panggilan alam ini akan berdering jika memang kotoran dalam perut harus dibuang. Akan tetapi, ada saja hal-hal yang bikin kamu kesulitan BAB.

Dikutip oleh brilio.net dari Men's Health, Minggu (14/6), berikut adalah lima hal yang bikin kamu susah BAB:

1. Terlalu sibuk

Aktivitas yang padat bisa ganggu proses pembuangan. Hal ini terjadi karena kamu memilih menunda untuk BAB dan melanjutkan aktivitas lainnya. Saat kamu pergi ke toilet, kamu akan susah untuk BAB karena kotoran terlalu menumpuk.

2. Suplemen kalsium

Loading...

Terlalu banyak mengonsumsi suplemen kalsium juga mempersulit BAB. Penyebabnya adalah jenis suplemen ini memperlambat gerakan pencernaan dalam perut. Proses yang lambat tersebut bisa menyebabkan tinja semakin keras dan kering.

3. Diabetes

Berdasarkan survei di Brasil, satu dari tiga orang yang terkena diabetes mengalami sembelit. Hal ini terjadi karena kerusakan syaraf pada usus. Dalam kondisi seperti itulah proses pencernaan menjadi lamban. Dan akhirnya, kesusahan dalam BAB.

4. Terlalu banyak lemak atau kekurangan serat

Kondisi semakin sulit jika kamu terlalu banyak mengonsumsi lemak dan kekurangan serat. Tentu saja kamu akan merasakan susahnya sembelit dengan pola makan tersebut. Serat sangat penting untuk melancarkan proses pembuangan dari perut.

5. Depresi

Tidak hanya faktor makanan saja, ternyata kondisi psikologis juga bisa mempengaruhi BAB. Depresi bisa mempersusah proses BAB. Hal ini bisa terjadi karena depresi bisa mempengaruhi pola hidup dalam hal memilih makanan. Alhasil makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan susah BAB.

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?