Brilio.net - Wanita bisa mudah percaya tentang segala sesuatu yang bisa bikin tambah cantik. Meski harus merogoh kantong dalam-dalam untuk melakukan perawatan, tergoda mencoba produk kecantikan yang belum tentu aman sampai melakukan tips kecantikan yang belum teruji kebenarannya.

Padahal sebenarnya para wanita banyak yang tak sadar bahwa hal-hal tersebut bisa saja hanyalah mitos kecantikan yang beredar di masyarakat dan memiliki efek sangat berbahaya bagi kulit wajah mereka.

Nah, apakah kamu ingin mengetahui 5 tips kecantikan yang sebenarnya tak berguna dan bahkan berbahaya? Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir brilio.net dari Geniusbeauty, Selasa (8/9). Go ahead and read, ladies!

1. Hairspray untuk mengecilkan pori-pori

5 Mitos kecantikan ini berbahaya, tak berguna buat wanita, tinggalkan!Beberapa orang menggunakan hairspray untuk mengamankan makeup, tapi sebagian orang juga percaya bahwa produk ini bisa menyumbat pori-pori dan bahkan mengecilkan pori-pori di wajahnya. Sayangnya, hairspray tidak mampu melakukan hal ini. Hampir semua produk styling rambut tidak cocok untuk kulit karena mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi dan pori-pori tersumbat.

Loading...

Hairspray juga memiliki kandungan alkohol dengan konsentrasi tinggi yang merugikan bagi kulit wajah. Jadi, kalau kamu ingin mengecilkan pori-pori belilah produk berkualitas tinggi dengan reputasi yang baik seperti gel cleanser, primer dan masker wajah.

2. Memotong bulu mata bikin lebat

5 Mitos kecantikan ini berbahaya, tak berguna buat wanita, tinggalkan!Metode ini diambil dari sebuah buku abad ke-19 dan disebut sebagai "Sirkasia" (The Toilette Of Health, Beauty, And Fashion, 1834). Gadis-gadis yang ingin menumbuhkan bulu mata yang panjang dan tebal disarankan untuk memotong bulu mata. Setelah itu, bulu mata yang tumbuh lebih panjang dan lebih tebal. Faktanya hal ini salah, karena memotong bulu mata hanya menguatkan akar bulu mata sehingga tidak mudah rontok.

3. Mengusapkan eyeliner pada alat pengeriting bulu mata 

5 Mitos kecantikan ini berbahaya, tak berguna buat wanita, tinggalkan!Sejumlah wanita menggunakan metode ini untuk berdandan dengan singkat. Ya, metode mengaplikasikan eyeliner pada alat pengeriting bulu mata, sehingga bulu mata akan lebih panjang dan lebat. Kenyataannya bagus tetapi hal ini tidak bekerja karena akan membuat kelopak mata menjadi kotor akibat eyeliner yang berceceran. Nggak jadi menghemat waktu juga karena kamu perlu untuk membersihkan penjepit setelah digunakan.

4. Obat kumur mulut untuk menghilangkan jerawat

5 Mitos kecantikan ini berbahaya, tak berguna buat wanita, tinggalkan!Obat kumur mulut memiliki kandungan alkohol uang dapat memberikan efek kering pada jerawat. Tak heran banyak orang yang melakukan hal ini untuk menghilangkan jerawatnya. Tapi, kamu harus memperhitungkan fakta bahwa obat kumur mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kulit wajah kamu, karena kulit wajah sangat lembut dan tipis. Risiko kulit iritasi dan kekeringan yang berlebihan bisa kamu alami, apalagi kalau kulit kamu termasuk sensitif.

5. Masker wajah dari kotoran kucing

5 Mitos kecantikan ini berbahaya, tak berguna buat wanita, tinggalkan!Ahli kecantikan pernah mengklaim kotoran kucing bisa jadi bahan utama masker untuk mengecilkan pori-pori, mencegah jerawat, dan membuat kulit menjadi sangat lembut. Kotoran kucing yang berbahan lumpur ini memang mengandung bentonite and silica, 2 zat yang terkandung dalam banyak produk kecantikan. Namun, bahan lain yang terkandung di dalamnya bisa membahayakan kulit. Para ahli kecantikan menyarankan supaya kamu hanya menggunakan masker lumpur yang dijual di pasaran dengan keamanan yang pasti dan memiliki berbagai khasiat bagi kulit.

Siap cantik dengan sehat, ladies?