×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu, hati-hati!

View Image

0

BRILIO » Life

5 kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu, hati-hati!

Kebanyakan orang nggak menjaga giginya agar tetap kuat.

10 / 05 / 2015

Brilio.net - Gigi jadi salah satu organ di mulut yang mempunyai fungsi sangat vital. Tanpa gigi, kamu nggak akan bisa mengunyah makanan. Tapi kebanyakan orang nggak menjaga giginya agar tetap kuat. Kebanyakan cenderung memanfaatkan gigi sebagai alat multifungsi. Asal bisa dilakukan dengan gigi, dilakuin deh.

Padahal ada beberapa hal yang bisa membahayakan kelangsungan gigimu seperti dikutip brilio.net dari medicinenet.com, Minggu (10/5). Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Mengunyah es

5 kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu, hati-hati!

Mengunyah es sepertinya nggak berbahaya. Kebiasaan yang sering dilakukan saat minum es ini ternyata menyebabkan kerusakan permanen pada gigi dengan keretakan kecil yang terus menerus.

Loading...

Retakan ini akan semakin membesar dari waktu ke waktu dan pada akhirnya menyebabkan gigi patah. Jika kamu cenderung orang yang suka melakukan kebiasaan ini, pilihlah air dingin atau minuman tanpa es untuk menahan diri.

2. Susu dalam botol pada anak

5 kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu, hati-hati!

Meskipun efektif untuk menidurkan bayi, botol susu pada waktu tidur meningkatkan risiko kerusakan gigi awal di mulut bayi. Kontak yang terlalu lama dari gula dalam susu bekerja dengan bakteri mulut untuk memecah enamel gigi dan menyebabkan kerusakan.

Ada istilah untuk penyakit itu, yaitu Baby Bottle Tooth Decay. Cari metode alternatif untuk membantu bayi tidur atau gunakanlah air dalam botol sebagai gantinya.

3. Permen karet

5 kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu, hati-hati!

Permen dianggap buruk bagi gigimu, termasuk permen karet. Sifat lengket permen karet, karamel, atau kacang memungkinkan bagian dari permen itu terjebak pada celah-celah gigimu. Air liur yanag ada pada mulutmu nggak mampu membuatnya hilang. Cara agar gigimu tak rusak sebab permen ini, kamu harus sikat gigi setelah mengunyah permen karet dan sejenisnya itu.

4. Membuka bungkusan dengan gigi

5 kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu, hati-hati!

Gigi dimaksudkan untuk makan, berbicara dengan benar, dan tersenyum. Tapi di antara kamu pasti pernah membuka bungkusan dengan gigi ya? atau bahkan itu sering kamu lakukan? Mulai sekarang hindari hal itu!.

Meskipun nyaman, membuka bungkusan dengan gigi bisa semakin merusak gigimu bahkan bisa menyebabkan fraktur atau patah. Gunakan pisau atau alat lainnya. Kamu tak memaksa gigimu untuk membukanya.

5. Minum kopi

5 kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu, hati-hati!

Secangkir kopi pada pagi hari memang bisa membantu kamu untuk memulai hari tanpa ngantuk. Sayangnya, kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengganggu aliran air liur, menyebabkan mulut kering, dan menyebabkan kerusakan gigi.

Menambahkan gula terlalu banyak ke kopimu juga meningkatkan risiko kerusakan gigi yang lebih parah. Untuk mengatasi efek mulut kering gara-gara kafein, perbanyaklah minum air putih setelah ngopi.

Nah, itu dia 5 kebiasaan yang perlu kamu perhatikan demi menjaga gigimu sehat dan kuat. Kalau sudah tahu dampaknya, apa kamu masih tetap akan melakukannya terus-menerus?.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more