Tisu merupakan perlengkapan rumah tangga favorit karena fungsi dan kemudahan menggunakannya. Ambil, bersihkan, buang. Begitulah prinsip penggunaan tisu, tidak seperti kain lap yang perlu dibersihkan lagi setelahnya.  

Salah satu jenis tisu yang kita sering gunakan adalah tisu meja. Tapi sayangnya, tisu meja tidak bisa untuk membersihkan semuanya. Menurut Carolyn Forte yang merupakan Direktur di Cleaning Lab, inilah lima benda yang tidak bisa dibersihkan dengan tisu meja, seperti dilansir brilio.net dari Good Housekeeping, Senin (3/8).  

1. Kacamata

5 Hal yang tak boleh dibersihkan pakai tisu

Bukan frame kacamata yang jadi masalah, tapi lensa. Lensa memiliki permukaan yang bisa tergores kalau kamu membersihkannya memakai tisu meja. Tentu kamu nggak ingin merusak lensa kacamatamu kan, jadi lebih baik gunakan kain dari optik untuk membersihkan kacamata ya.  

Loading...

2. Perabotan kayu yang berdebu

Debu bersifat abrasif, tisu meja pun demikian. Mengelap permukaaan perabot dengan kertas tisu berisiko merusak vernis furnitur. Sebaiknya dalam membersihkan debu di meja dan perabotan, gunakan kain halus yang sudah dibasahi.  

3. Gadget

5 Hal yang tak boleh dibersihkan pakai tisu

Tisu meja dapat merusak barang-barang halus terutama untuk layar smartphone. Sebaiknya gunakan kain microfiber untuk gadget kesayangan kamu. Jangan lupa gunakan alkohol karena kuman di permukaan telepon selular jauh lebih banyak dari yang kamu bayangkan, by the way.  

4. Tumpahan di karpet

Permukaan kasar karpet bisa merobek tisu dan membuat seratnya ikut menempel, yang akan sangat sulit dibersihkan. Bersihkan karpet dengan kain putih dengan cara ditepuk, bukan digosok untuk menghapus noda.  

5. Blus hitam

5 Hal yang tak boleh dibersihkan pakai tisu

Bila kamu menggunakan tisu meja untuk menghilangkan noda dari kain gelap terutama warna hitam atau biru tua, bisa meninggalkan bekas putih. Apalagi jika tisu tersebut dibasahi, efeknya bisa lebih buruk lagi. Jadi, sekali lagi, gunakanlah kain bersih ya.