Brilio.net - Telur menjadi salah satu hasil ternak yang paling populer di kolong jagat. Selain itu, banyak sekali olahan telur yang bisa memanjakan lidah kamu. Akan tetapi, tidak hanya sekadar olahannya saja, telur juga mempunyai nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh.

Berikut adalah hal-hal yang kamu harus ketahui dari telur dikutip oleh brilio.net dari huffingtonpost.com, Kamis (9/4).

1. Kuning telur bikin kamu pinter
Kandungan kolin pada kuning telur merupakan sumber yang sangat bagus untuk syaraf otak. Selain itu, orang hamil yang sering makan kuning telur juga membantu perkembangan otak pada bayinya. Selain itu, zat kolin juga bisa membuat kamu lebih bahagia. Penyebabnya adalah kolin bisa menstimulasi hormon kebahagiaan dalam otak.

2. Sumber protein utama
Kandungan protein yang terdapat pada telur merupakan kualitas pertama. Alasannya adalah zat protein dari olahan ini bisa diserap secara maksimal oleh tubuh. Jadi tidak masalah jika kamu makan telur setiap hari meski bikin kamu bosan.

3. Umur ayam tentukan kualitas telur
Kajian yang diterbitkan dalam Poultry Science, telur dengan kualitas baik dihasilkan dari ayam yang berumur antara 28-97 minggu. Jangan memilih telur dari ayam yang dibawah atau diatas rentang tersebut. Ayam dalam rentang umur tersebut menghasilkan telur dengan kualitas prima.

4. Warna kuning telur
Ada beberapa telur yang bagian kuningnya agak pucat atau terlalu kuning. Hal ini hanya disebabkan kondisi ayam saja. Semakin bervariasi makanan yang diberikan kepada ayam, maka warna kuning semakin tajam. Perbedaan warna ini tidak memengaruhi kadar nutrisi dalam kuning telur sendiri.

5. Warna cangkang telur
Warna cangkang hanya menunjukkan umur telur. Biasanya, telur dengan cangkang putih lebih tua umurnya dibandingkan cangkang yang berwana cokelat. Akan tetapi kedua warna tidak memengaruhi kualitas telur.

Telur menjadi salah satu hasil ternak yang paling populer di kolong jagat. Selain itu, banyak sekali olahan telur yang bisa memanjakan lidah kamu. Akan tetapi, tidak hanya sekadar olahannya saja, telur juga mempunyai nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh.