Brilio.net - Wanita pada umumnya sangat suka berbelanja. Tak heran jika kita sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, sebagian besar pengunjungnya adalah wanita.

Apalagi jika ada toko dengan brand tertentu yang sedang melakukan potongan harga atau late night sale, mereka pasti akan makin semangat untuk berbelanja. Tapi terkadang tak semua barang-barang hasil belanja para wanita akan langsung terpakai.

Ternyata ada banyak alasan mengapa wanita melakukan hal itu. Simak beberapa alasan berikut ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber:

1. Semuanya hanyalah fantasi belaka

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Wanita berbelanja hanya ingin memenuhi fantasi atau khayalan mereka saja, bukan untuk kebutuhan hidup sebenarnya. Seperti yang dilansir huffingtonpost.com, fantasi wanita untuk berbelanja adalah tentang bagaimana penampilan yang mereka inginkan.

Misalnya, kamu sangat ingin membeli sepatu boot tapi pada kenyataannya setelah kamu sampai di rumah, sepatu boot itu tidak akan terpakai, karena kamu tidak akan menemukan tempat untuk memakai sepatu boot tersebut. Aktivitas kamu sehari-hari yang bekerja di kantor semakin mengurangi keinginan kamu untuk memakainya.

2. Terlalu indah dan berharga, sayang kalau kotor

Sama halnya saat kita membeli peralatan dapur atau barang pecah belah dengan motif yang sangat lucu. Jangankan memakainya untuk makan, kegores garpu aja rasanya nyakitin banget.

Seperti itulah saat wanita membeli baju yang mereka inginkan, motif yang unik dan harganya yang mahal membuat mereka tidak ingin sedikitpun debu hinggap di baju. Mereka lebih memilih untuk memakai bajunya yang sudah usang berkali-kali ketimbang baju baru yang sayang banget kalau kena debu. Atau mereka akan memakainya hanya di saat acara yang sesuai saja.

3. Aku galau, belanja ah!

Kebanyakan wanita berbelanja saat suasana hati sedang galau. Tak segan-segan mereka akan menghabiskan uang untuk berbelanja hanya demi menyenangkan hati. Tidak peduli barang yang mereka beli akan dipakai atau tidak, yang penting mereka dapat melupakan masalah-masalah yang dihadapinya sementara waktu.

4. Pamer deh!

Ada juga tipe wanita yang suka pamer dalam hal berbelanja. Mereka gemar sekali membeli barang-barang yang sedang tren saat itu tapi tidak untuk memakainya. Tapi hanya untuk pamer kepada teman-temannya dan menunjukkan status dan pekerjaan mereka sehingga memungkinkan mereka untuk membeli barang-barang yang terlihat mahal dan mewah.

5. Ih, lucu!

Satu alasan yang paling kuat untuk wanita berbelanja meskipun tidak sedang dalam keadaan butuh. Meskipun harganya mahal tak akan jadi masalah jika satu kata ini sudah ada dipikiran mereka, lucu. Tak perlu lagi alasan lain untuk mengalahkannya selain, "Udah, beli aja".

Pada dasarnya wanita rela menghabiskan uang untuk segala sesuatu yang membuat mereka bahagia dan merasa lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa keinginan untuk berbelanja tanpa didasari kebutuhan rasanya perlu dikendalikan ya agar tak menjadi kesenangan sesaat.

(brl/gib)