Brilio.net - Demam serial India emang lagi happening banget. Terbukti, film dan drama India makin marak tayang di pertelevisian Indonesia. Apalagi pesona para artis atau aktornya, makin menarik perhatian dan terus-menerus menjadi sorotan.

Nah, kalau kamu salah satu penggemar India terutama artis wanita, kamu pasti akan melihat jenis-jenis aksesoris yang sering dipakai oleh mereka. Nggak hanya unik tapi ada beberapa aksesoris yang hanya digunakan oleh semua wanta India hanya pada saat-saat tertentu. Brilio.net sudah merangkumnya khusus buat kamu yang pecinta Bollywood.

1. Bangles

5 aksesoris cantik ala wanita India

Bangles adalah sejenis gelang tapi cara pemakaiannya agak berbeda dengan cara pemakaian biasanya. Kalau kamu biasa memakai 1-4 gelang saja, berbeda dengan wanita India. Uniknya mereka memakai gelang atau bangles ini dalam jumlah yang banyak, bahkan bisa sampai satu lusin pada setiap pergelangan tangan. Wow!

2. Hiasan kepala

5 aksesoris cantik ala wanita India
Ada tiga aksesoris kepala yang sering digunakan oleh wanita India yaitu matha patti, maang tikka, dan jhumar. Matha patti merupakan perhiasan kepala yang menutupi bagian perbatasan antara kening dan rambut.

5 aksesoris cantik ala wanita India

Maang tikka merupakan perhiasan yang terletak tepat di belahan tengah rambut wanita. Biasanya di bagian ujung yang menggantung di tengah kening berbentuk bundar mirip liontin kalung dengan detail yang rumit dan indah. Di bawah hiasan maang tikka adalah titik bindai di kening wanita yang umum dipakai oleh wanita Hindu.

5 aksesoris cantik ala wanita India

Sementara Jhumar merupakan perhiasan yang dipasang pada bagian kiri rambut berbentuk mirip layang-layang atau hampir mirip segitiga. Umumnya perhiasan ini dipakai oleh kaum muslimah India. Ketiga hiasan kepala ini biasanya digunakan saat acara atau perayaan tertentu. Bisa juga digunakan untuk rambut yang disanggul ataupun digerai begitu saja.

3. Bindi

5 aksesoris cantik ala wanita India

Bindi adalah perhiasan kecil khas India yang dikenakan di tengah dahi dan di atas alis. Beberapa wanita Hindu mengenakan bindi sebagai simbol agama atau sebagai simbol status perkawinan, namun tak sedikit pula yang mengenakan bindi sebagai aksesori dekoratif.


4. Dupatta

5 aksesoris cantik ala wanita India

Wanita India yang memakai salwar kameez biasanya memakai selendang panjang di kepala atau leher. Dupatta adalah scarf atau selendang khas India yang fungsi aslinya adalah sebagai penutup dada atau kepala wanita India. Dupatta umumnya berupa kain bermotif khas India yang ringan dan panjang.

5. Perhiasan hidung

5 aksesoris cantik ala wanita India

Kalau perhiasaan yang biasa digunakan di hidung wanita India ini pasti udah nggak asing lagi buat kamu pecinta Bollywood. Perhiasan hidung di India bisa berupa cincin hidung berukuran kecil ataupun besar.

Perhiasan cincin hidung selalu digunakan saat acara tertentu seperti pernikahan atau acara biasa. Hanya saja, untuk acara pernikahan biasanya ukuran cincinnya lebih besar. Selain berbentuk cincin, perhiasan di hidung wanita India juga bisa berbentuk anting kecil atau berlian kecil.

Menurut hindu-blog.com, memakai perhiasan tindik di hidung wanita India bukanlah keharusan dari agama Hindu. Nggak ada pula teks dari zaman kuno India yang menghubungkan kecantikan wanita dengan tindik. Penyebab tindik hidung berbeda dari satu wilayah dengan wilayah lainnya. Sebuah teks dari zaman Ayuwvedic dari Sushruta Samhita mengatakan bahwa tindik hidung telah dilakukan sejak dulu untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan juga untuk membuat persalinan lebih mudah.


Pada dasarnya, aksesoris di atas termasuk aksesoris tradisional wanita India. Meskipun gaya hidup modern dan kecanggihan merambah kehidupan masyarakat India, tapi aksesoris tradisional ini masih dipakai dan nggak dilupakan sama sekali. Bahkan, perhiasan ini dianggap sebagai model fashion yang trendi dan nggak kalah menarik dibandingkan perhiasan modern lainnya.

Nah, gimana ladies? Tertarik untuk mencoba salah satu aksesoris khas wanita India ini?