Brilio.net - Rasa kesepian sulit dihindari dalam hidup ini. Entah itu karena kita berjauhan dengan keluarga, pindah ke kota baru atau tempat kerja baru bahkan baru aja putus dengan kekasih.

Tak hanya karena alasan itu, banyak juga orang yang menganggap kalau kesepian berarti sendirian. Padahal, cukup banyak orang yang tetap merasa kesepian di tengah keramaian. Kalut memang!

Sebenarnya rasa kesepian adalah hal yang normal, tetapi terlalu banyak dan terlalu lama kesepian bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik, lho. Bahkan, menurut sebuah penelitian menemukan bahwa kesepian bisa meningkatkan risiko depresi dan kematian sebesar 26%. Duh!

Hasil penelitian yang cukup mengejutkan, jadi penting untuk mengetahui apakah kamu sedang merasa kesepian atau tidak. Inilah tanda-tanda yang harus kamu ketahui, seperti dilansir brilio.net dari The Huffington Post, Minggu (2/8) berikut ini.

1. Menghabiskan waktu untuk menonton

4 Tanda kamu lagi kesepian, aw! Apakah kamu sering menghabiskan waktu untuk menonton serial televisi hampir sepanjang hari? Kamu mungkin tidak merasa kesepian tapi sebuah penelitian dari University of Texas menemukan bahwa orang yang merasa kesepian biasanya sering menghabiskan waktu untuk menonton.

2. Kesulitan berada di situasi sosial

4 Tanda kamu lagi kesepian, aw! Melalui serangkaian empat percobaan, profesor Megan L. Knowles menemukan bahwa orang yang kesepian mungkin memiliki pemahaman yang baik dalam keterampilan sosial dibandingkan dengan orang-orang yang tidak kesepian, tetapi mereka merasa tertekan dan bingung bagaimana harus bersikap dalam dunia nyata.

Jadi jika kamu memiliki waktu yang sulit untuk membuat percakapan dalam situasi sosial, ingatkan diri kamu kalau kamu mungkin jauh lebih baik dari apa yang kamu pikirkan.

3. Saat sendiri dirasakan sebagai kesepian

4 Tanda kamu lagi kesepian, aw! Merasa kesepian sangat berbeda dengan apa yang kita rasakan saat butuh waktu untuk sendiri atau melakukan "me time". Justru menghabiskan waktu untuk diri sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan.

Jika kamu merasa sulit tidur, dilanda rasa cemas, depresi, atau tak bisa jauh dari televisi dan media sosial saat sendiri, kemungkinan kamu memang benar-benar kesepian.

4. Aktif di media sosial

4 Tanda kamu lagi kesepian, aw! Sebuah studi dari Universitas Michigan studi menemukan bahwa kita lebih cenderung menggunakan Facebook saat merasa kesepian. Meskipun Facebook tidak selalu membuat kita merasa kesepian, melihat kehidupan orang lain di linimasa kita terkadang justru menyebabkan rasa tidak bahagia.

Jadi, daripada langsung membuka Facebook atau media sosial lainnya saat kamu sedang kesepian, cobalah melakukan interaksi tatap muka atau telepon dengan seseorang yang kamu cintai.