Brilio.net - Di era sekarang banyak orang lebih memilih makan di luar ketimbang masak sendiri. Karena alasan kesibukan, mereka lebih suka pergi ke tempat makan yang sesuai dengan lidah mereka.

Bahkan ada juga yang sering nongkrong di gerai makanan cepat saji sambil kumpul-kumpul dengan geng. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut.

Akan tetapi, jika kamu jago masak ada nilai plus yang bisa kamu dapetin. Dikutip brilio.net dari cnn.com, Selasa (24/3) berikut adalah empat keuntungan bagi perut kamu jika kamu jago masak.

1. Bisa memilih makanan yang berkualitas
Ketika kamu mencoba sebuah resep, tentunya kamu akan memilah sendiri bahan yang akan diolah. Kamu bisa membedakan antara bahan yang berkualitas dan yang tidak.

Sebagai contoh, di sebuah pusat perbelanjaan, kamu bisa memilih buah yang lebih segar dibandingkan yang layu. Karena kamu melihat dengan mata sendiri.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Public Health Nutrition, orang yang masak di rumah setidaknya enam kali dalam sepekan, mengkonsumsi kalori yang lebih rendah dibandingkan yang sering makan di luar.

Selain itu, mengolah makanan sendiri bisa mengurangi konsumsi gula, lemak, dan karbohidrat.

2. Lebih tahu apa yang dimakan
Ketika kamu ke sebuah tempat makan, sering sekali bertanya-tanya tentang menunya. Apakah digoreng dengan minyak kelapa sawit atau kelapa? Apakah menggunakan warna alami? Ditambah lagi kamu tidak tahu bumbu-bumbu apa saja yang dimasukkan ke dalam masakan tersebut.

Hal tersebut bisa berbahaya bagi kamu yang mempunyai riwayat alergi. Kan rugi kalau sudah datang ke tempat mahal, tetapi makanannya membuat kamu alergi. Jika kamu memasak makanan sendiri, kamu tahu semua bahan yang dicampurkan. Setidaknya makanan tersebut bisa mencegah alergi dan sakit lainnya.

3. Makan dengan penuh kesadaran
Banyak orang yang memahami bahwa makan hanya persoalan permintaan tubuh. Bahkan prinsipnya adalah makan demi kekenyangan. Lebih parah lagi, ada yang makan demi upload ke media sosial untuk eksis.

Ketika kamu memasak sendiri, kamu bisa menjiwai saat makan. Kamu menikmati setiap gigitan dari sajian tersebut. Jadi, raga dan jiwamu sadar sepenuhnya ketika makan. Karena makan bukan rutinitas semata.

4. Memasak itu mudah
Bagi kamu yang sering masak, pasti bisa merasakan bahwa kemampuan memasak adalah hal yang sederhana. Bahkan seorang pakar nutirisi mengatakan, Jika kamu bisa membaca, pasti bisa memasak.

Sebagai buktinya adalah kamu bisa menyiapkan menu sarapan dengan smoothie. Kamu hanya tinggal mencampurkan berbagai macam buah dan sayuran kemudian diblender. Yang lebih menggiurkan, siapa tahu dengan jago memasak kamu bisa menjadi menantu idaman mertua.