×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Jenis spa paling berbahaya di dunia, sebaiknya jangan lakukan!

View Image

0

BRILIO » Life

4 Jenis spa paling berbahaya di dunia, sebaiknya jangan lakukan!

Niatnya spa malah kehilangan nyawa.

28 / 12 / 2015

Brilio.net - Hai, Cantik, kamu pasti pernah menjalani spa, kan? Spa merupakan perawatan yang dilakukan di suatu tempat khusus. Biasanya terdiri dari pijat dan lulur. Spa bisa kamu coba sesekali guna membuat badan lebih sehat dan santai, pun pikiran jadi tentram.

Tapi ternyata, tak setiap spa itu bagus. Bahkan ada jenis spa esktrem yang berbahaya buat kamu. Seorang wanita asal Nevada, Amerika Serikat, pada Oktober 2015 lalu meninggal karena menjalani cryotherapy. Kok, bisa?

Nah, selain cryotherapy, ada beberapa spa yang harus kamu hindari sekarang juga, seperti dilansir brilio.net dari Health, Senin (28/12):

1. Cryotherapy

Loading...

4 Jenis spa paling berbahaya di dunia, sebaiknya jangan lakukan!foto: abcnews.go.com

Cryotherapy adalah terapi kecantikan yang menggunakan peti tertutup berisi nitrogen dengan suhu -27 derajat Fahrenheit (ukuran ini sangatlah dingin, sekitar -32 Celcius). Menurut Leena Nathan, dokter dari University of California (UCLA), Los Angeles, California, Amerika Serikat, cryotherapy bermanfaat dalam menghilangkan kutil dan menghancurkan sel-sel kanker, dan bagi beberapa atlet mengakui bisa meningkatkan pemulihan otot.

Namun baru-baru ini, cryotherapy disebut bermanfaat bagi kecantikan dan anti-penuaan, seperti mengurangi selulit, memperbaiki warna kulit, dan merawat kulit yang mengalami jerawat dan psoriasis (penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih). Tapi untuk poin-poin ini, Nathan tak berpendapat sama sebab tak ada bukti nyata yang menunjukkannya.

Selain itu, peti untuk cryotherapy ini biasanya tak diatur atau dioperasikan oleh profesional medis. "Masuk ke peti (cryotherapy) tidak dianjurkan dalam perspektif medis. Sebagai dokter, saya tidak akan nyaman menyampaikan cara ini aman," ujar Nathan.

Pendapat Nathan didukung oleh adanya kasus di Las Vegas, Amerika Serikat. Di sana, karyawan spa tewas setelah memasuki peti cryotherapy sendirian beberapa jam kemudian. Ternyata dia kekurangan oksigen di dalam peti tersebut. Untuk wilayah Nevada sendiri, para penyedia jasa spa ini sudah mengeluarkan pedoman tentang cara dan siapa saja yang berwenang melakukan praktik cryotherapy. Namun begitu, negara-negara bagian di Amerika Serikat lainnya justru sangat jarang menerapkannya. Hmmm... kalau sampai masuk Indonesia, pastikan kamu berpikir beratus kali ya, Manis!

2. Laser hair removal

4 Jenis spa paling berbahaya di dunia, sebaiknya jangan lakukan!foto: serenitymedspa.com

Laser hair removal adalah teknik penyinaran dengan cahaya sangat terang dalam waktu cepat guna menghilangkan bulu pada area yang diinginkan, misalnya kaki, tangan, atau ketiak. Efeknya, pertumbuhan bulu pada bagian tubuh tersebut akan berhenti, bahkan rontok alami. Namun sayangnya, kalau tidak tepat dalam penggunaan cahaya lasernya, maka justru menghancurkan folikel rambut dan menimbulkan luka bakar serius di kulit, jaringan parut, dan menyebabkan nyeri.

Nathan menyuguhkan data dari hasil studi dari UCLA yang diterbitkan dalam JAMA Dermatology tahun 2013, 78% terjadi tuntutan hukum pada tahun 2011 terkait cedera operasi laser (termasuk laser hair removal) akibat bukan dipraktikkan oleh dokter. Jumlah persentase ini meningkat dari 36% pada tahun 2008. Studi ini juga menunjukkan bahwa 80% dari tuntutan hukum yang diajukan antara tahun 2008-2012 adalah terkait perawatan yang dilakukan oleh pihak yang tak berlisensi, dalam hal ini dokter spesialis kecantikan kulit.

Setiap negara mengatur penggunaan laser yang berbeda, pun ada dokter yang berlisensi dan tidak. Maka dari itu, supaya aman menggunakan teknik kecantikan ini, Nathan menyarankan untuk datang ke dokter spesialis yang memang sudah berpengalaman.

3. Pembersihan usus besar (colon)

4 Jenis spa paling berbahaya di dunia, sebaiknya jangan lakukan!

foto: harrisforidaho.com

Kalau kamu sampai menemukan penyedia spa yang menawarkan jasa membersihkan usus besar (colonic irrigation atau colonic hydrotherapy), pastikan kamu mengabaikannya. Sebagaimana terdapat dalam ulasan penelitian Georgetown University, Washington, DC, Amerika Serikat, tahun 2011, tindakan pembilasan air dan bahan kimia melalui usus besar dan rektum sama sekali tak memiliki manfaat kesehatan. Justru menimbulkan masalah serius yang bisa mengancam jiwa, seperti muntah dan kram, sampai gagal ginjal.

"Usus besar benar-benar berfungsi baik dengan sendirinya. Dan, kalau kamu menerapkan pembersihan tersebut, akan banyak flora baik dalam usus yang terbuang padahal bagus untuk saluran pencernaan kamu," tegas Nathan.

4. Body wrap

4 Jenis spa paling berbahaya di dunia, sebaiknya jangan lakukan!foto: bodywrapguide.wordpress.com

Terbungkus dalam lapisan rumput laut, plastik, atau bahan yang mengikat lainnya mungkin terdengar tak terlalu menarik, tapi banyak praktik spa yang melakukannya. Tujuannya adalah untuk memurnikan kulit, membuat pori-pori, dan menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Nah, kalau pelakunya adalah penyedia jasa spa terkemuka dan terpercaya, Nathan memperbolehkan. Hanya saja kalau bungkusnya terlalu ketat pada tubuhmu, bisa menyebabkan dehidrasi dan kepanasan.

"Ada potensi kehilangan elektrolit dan cairan, sehingga pastikan kamu aman menjalaninya," tambah Nathan. Nathan juga menambahkan bahwa selama menjalani terapi ini, pastikan ada staf yang mengawasi untuk pengontrolan. Sekaligus supaya kamu bisa segera bilang kalau ingin berhenti sewaktu-waktu.

Jadi, bagi kamu yang ingin kurus, cara body wrap ini bukan cara terbaik. Para dokter ahli mengatakan bahwa penurunan berat badan hasil teknik ini adalah berat air murni. Yang artinya, penurunan berat badanmu itu tak efektif. Baiknya kamu olahraga dan mengeluarkan keringat. Keringat ini adalah hasil pembakaran kalori.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more