×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Alat kecantikan yang perlu kamu jaga kebersihannya

View Image

0

BRILIO » Life

4 Alat kecantikan yang perlu kamu jaga kebersihannya

Tak hanya dimiliki, alat-alat tersebut juga mesti kamu rawat dan perhatikan kebersihannya.

16 / 06 / 2015

Brilio.net - Siapa bilang peralatan kecantikan atau makeup tidak perlu dicuci? Terlebih lagi untuk peralatan kecantikan seperti kuas makeup, pinset, alat pelurus atau pengeriting rambut masih sering disepelekan.

Padahal kalau malas untuk rutin membersihkan peralatan kecantikan yang kita punya, bisa-bisa jadi sarang bakteri dan sel kulit mati. Nah lho, nantinya malah nggak bikin kamu jadi tambah cantik nan mulus, tapi malah jadi pelabuhan debu dan kotoran.

Dilansir brilio.net dari Dailymail, Selasa (16/6), berikut ini ada cara tepat dan mudah untuk membersihkan 4 peralatan kecantikan yang sering kamu gunakan sekaligus sering dilupakan untuk dibersihkan. (Baca juga:5 Alat makeup ini haram hukumnya kamu pinjamkan ke teman

1. Alat pelurus atau pengeriting rambut (catokan)

4 Alat kecantikan yang perlu kamu jaga kebersihannya

Loading...

Alat penata rambut satu ini juga tak luput dari debu dan kotoran, minyak rambut dan zat kimia dari cairan pengeras rambut atau penataan lain seperti hairspray dan styling foam. Untuk membersihkan, cobalah menggosokkannya dengan tisu basah untuk bayi atau kain berbahan lembut yang mengandung sedikit air. Tapi jangan pernah untuk mencelupkan catokan kamu ke dalam air ya.

Tak hanya catokan saja yang kamu perhatikan, kabelnya juga harus disimpan tanpa membungkusnya dengan catokan. Karena ini akan memperpendek umur catokan dan merusak kabel kabel dari waktu ke waktu.

2. Kuas makeup

4 Alat kecantikan yang perlu kamu jaga kebersihannya

Menurut sebuah penelitian dari situs Superdug, hanya sekitar 20 persen wanita saja yang rutin membersihkan kuas makeup milik mereka setiap hari.  Mereka tak sadar bahwa kuas makeup adalah salah satu penyebab paling umum dari jerawat karena adanya bakteri di dalamnya.

Dermatologis dan makeup artis menyarankan klien untuk membersihkan kuas makeup setiap kali usai digunakan.

Penata rias Sasha Ghodstinar mengatakan, "Ada perbedaan besar, terutama buat kamu yang memiliki kulit sensitif dan rawan berjerawat. Jika sikat tidak dibersihkan secara teratur, kotoran dan bakteri akan menumpuk di kulit. Ingatlah kamu harus setiap hari membersihkan wajah, jadi hati-hati dengan apa yang kamu aplikasikan ke kulit wajah."

Untuk membersihkan kuas make-up, cobalah menggunakan sabun batangan, sampo dengan bahan susu, atau beberapa tetes air yang direndam minyak murni dari daun teh (tea tree oil). Kalau kamu  menderita masalah kulit, sebaiknya membersihkan kuas setiap hari dengan sikat pembersih dan sampo bayi setiap minggu.

3. Pisau cukur

Kalau kamu tetap mengabaikan untuk nggak mencuci pisau cukur, rambut kamu akan menjadi tersumbat di pisau. Ini akan membuat pisau cukur lebih atau kurang efektif dan dapat menyebabkan gesekan dan tekanan yang berulang.

Cara membersihkan alat pencukur sebenarnya mudah namun agak riskan. Cucilah alat cukur dengan air panas yang mengalir setidaknya selama 10 menit. Karena merendam di air panas justru akan membuat pisau cukur dapat menjadi tumpul.

Kemudian keringkan dengan handuk kering atau hairdryer. Pastikan pisau cukur kering secara menyeluruh karena air yang terperangkap dapat membuat pisau jadi berkarat. Kamu juga bisa menggunakan alkohol untuk hasil yang lebih bersih dan sterilisasi.

4. Penjepit kecil (pinset)

4 Alat kecantikan yang perlu kamu jaga kebersihannya

Mencuci pinset mungkin sedikit membuat sebagian wanita merasa khawatir jadi kadang mereka berpikir untuk tak perlu mencuci pinset, karena dapat berpotensi berkarat. Meskipun begitu, pinset sebenarnya penting untuk dibersihkan karena alat ini lebih sering bersentuhan langsung dengan pori-pori kulit kamu.

Cara terbaik untuk membersihkan pinset logam dengan mengenakan cairan anti bakteri yang dioleskan ke atas tisu, kemudian gosokkan pada permukaan pinset memakai lap.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more