1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Life
Nafilah 25 November 2015 21:24

12 Film horor paling mencekam sepanjang zaman, kamu berani nonton?

Horor adalah salah satu genre film yang banyak penikmatnya. Meskipun menakutkan, film ini memiliki banyak penonton fanatik.

Brilio.net - Horor adalah salah satu genre film yang banyak penikmatnya. Meskipun menakutkan, film ini memiliki banyak penonton fanatik. Misalnya, ketika Inisidous tengah sangat populer, film ini menjadi tontonan wajib pecinta horor.

Film horor sudah sangat terkenal sejak tahun 60-an. Film ini juga banyak mendatangkan keuntungan bagi pembuatnya. Meski di Indonesia, film horor kemudian identik dengan adegan-adegan panas, tapi ada juga lho film horor Indonesia yang keren.

Brilio.net, Rabu (25/11), merangkumnya menjadi 12 film horor paling mencekam sepanjang zaman. Kalian mau tahu? Simak selengkapnya di sini ya.

1. Psycho (1960)

foto: www.fanpop.com

Disutradarai oleh Alfred Hitchcock, film ini berkisah tentang pembunuhan psikotik yang diadaptasi dari novel dengan judul sama yang ditulis Robert Bloch. Novel ini dibuat berdasarkan kisah nyata pembunuhan yang dilakukan oleh Ed Gein di Wisconsin. Film ini merupakan film horor yang sangat terkenal.

"Psycho merupakan salah satu film horor tertua yang pernah aku tonton, emang jadul sih, tapi lumayan menakutkan kok," ungkap Rizky, salah satu pecinta film horor.

2. The Texas Chain Saw Massacre (1974)

foto: www.narutoforums.com

Film ini merupakan salah satu film horor tertua. Film yang disutradarai oleh Tobe Hooper ini dimainkan oleh  Marilyn Burns, Paul A. Partain, Edwin Neal, Jim Siedow, dan Gunnar Hansen. Berkisah tentang lima orang sahabat yang diteror oleh sebuah kanibal yang membunuh korbannya dengan sebuah gergaji, film ini meraup banyak keuntungan. Diproduksi dengan biaya USD 300.000, film ini mendapat keuntungan USD 30.859.000.

3. The Exorcist (1973)

foto: www.grcmc.org

Film yang disutradarai oleh William Freiedklin ini diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty. Film ini berkisah tentang gadis kecil yang kerasukan setan dan usaha nekat ibunya yang mencoba menyembuhkan putrinya lewat eksorsisme (ritual pengusiran setan) yang dilakukan oleh dua orang imam Katolik. Suksesnya film horor ini ditandai dari keuntungan yang didapat yakni USD 441.071.011.

4. Scream (1993)

foto: www.rottentomatoes.com

Film ini dibuka dengan adegan pembunuhan brutal atas dua murid SMU, Casey Becker, dan kekasihnya Steve, teman satu sekolah Sidney Prescott. Waktu tragedi ini benar-benar menjadi masa yang sulit untuk Sidney, yang mana beberapa hari lagi diketahuinya adalah setahun setelah Ibunya diperkosa dan dibunuh.

Film yang disutradarai oleh Wes Craven ini meraup keuntungan USD 173.046.567. Kalau kamu pecinta horor, kamu harus memasukkan film ini ke list film yang harus kamu tonton.

5. The Exorcism of Emily Rose (2005)

foto: doublefeature.fm

Film ini diadaptasi dari kisah nyata Annelies Michel, seorang gadis katolik dari Jerman yang meninggal pada tahun 1976. Kabarnya, ia meninggal karena gagalnya pengusiran roh yang merasuki dirinya yang dilakukan oleh pastor Richard Moore. Kisah film ini sendiri kemudian mengisahkan perjuangan untuk melepaskan diri dari kerasukan kekuatan supranatural. Film ini disutradarai oleh Scot Derricson.

6. The Ring (2002)

foto: thereadingbud.com

The Ring merupakan film buatan Amerika Serikat yang di-remake dari film horor Jepang yang berjudul Ringu. Kedua film tersebut diadaptasi dari novel karya Koji Suzuki. Disutradarai oleh Gore Verbinski, The Ring dibintangi oleh Naomi Watts dan Martin Henderson. The Ring menceritakan tentang sebuah video yang terkutuk, setiap orang yang menonton video tersebut akan meninggal dengan cara misterius dalam 7 hari. Film ini menjadi trendsetter film-film bergenre horror lainnya. Adegan di mana hantu keluar dari dalam televisi menjadi sangat fenomenal.

7. The Ring 2

BRILIO VIDEO

Fungsi Rahasia Kondisioner Rambut
Apa saja sih fungsi lain dari kondisioner rambut? Tentu kamu ingin tahu kan? Yuk simak video Brilio.net berikut.

foto: latestdude.com

Kesuksesan The Ring, membuat sekuel film keduanya dibuat. Bahkan, The RIng 2, dianggap jauh lebih menyeramkan dari yang pertama. Melanjutkan film yang pertama, film ini berkisah tentang Rachel Keller (Naomi Watts) dan putaranya Aidan (David Dorfman) yang pindah rumah ke daerah kecil di Oregon. Kisah menakutkan dimulai ketika peristiwa pembunuhan di dekat tinggalnya terjadi seperti yang terjadi di The Ring I. Kalian berani nonton?

8. Ju-On: The Grunge (2002)

foto: www.japanindocuteculture.com

Ju-On merupakan salah satu film horor Jepang yang paling terkenal. Identik dengan hantu anak kecil dan perempuan berambut panjang dengan suara menyeramkan, film ini dibilang sangat sukses, film sekuelnya pun dibuat hingga Ju-On 4.

"Kalau harus menyebutkan satu film horor yang bikin aku nggak berani ke toilet malam-malam selama seminggu itu Ju-On. Memang film horor Asia itu jauh lebih nyeremin daripada yang Amerika," terang Priska, salah satu pecinta film horor pada brilio.net.

9. Insidious (2011)

foto: www.horror.land

Film ini ditulis oleh Leigh Whannell, dan disutradarai oleh James Wan. Pemerannya antara lain Patrick Wilson, Rose Byrne, Lin Shaye, dan Barbara Hershey. Film ini berkisah tentang seorang anak yang tersesat dalam dunia lain. Ia dinyatakan koma setelah terjatuh, dalam komanya ia tersesat dalam dunia gelap. Film ini sangat terkenal, hingga kini sekuelnya telah dibuat hingga yang ke-3.

10. The Conjuring (2013)

foto: cinemagogue.com

Film ini berkisah tentang sebuah keluarga yang baru saja pindah ke sebuah rumah tua di Harrisville, Rhode Island. Rumah itu dulunya ternyata milik seorang penyihir bernama Bathsheba. Ia mengorbankan anak-anaknya kepada setan kemudian bunuh diri dan mengutuk semua orang yang mengambil tanahnya. Kamu pernah menonton film ini?

Film ini cukup menyeramkan seperti penuturan Amel, mahasiswi pecinta film horor ini, memasukkan The Conjuring sebagai salah satu yang paling menyeramkan.

"Adegan ada hantu di atas lemari, adegan yang nggak bakal aku lupakan karena emang bagus banget dibikinnya," ungkap Amel.

11. Hantu Rumah Ampera (2009)


foto: id.wikipedia.org


Dari dalam negeri sendiri, banyak film horor yang menakutkan. Salah satunya Hantu Rumah Ampera. Film ini disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan dibintangi Ben Joshua, Nadilla Ernesta, Rahma Landy, dan Meity Josefina. Film ini berkisah tentang hantu di sebuah rumah di Jalan Ampera. Dibumbui dengan kisah remaja, film ini cukup sukses di pasaran.

12. Jelangkung (2001)


foto: /id.wikipedia.org

Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan Jose Purnomo. Dibintangi oleh Winky Wiryawan, Melanie Ariyanto, Rony Dozer, dan Harry Pantja, film ini sangat populer di awal perilisannya.

Film ini diawali kisah Ferdi (Winky Wiryawan), Gita (Melanie Ariyanto), Gembol (Rony Dozer), dan Soni (Harry Pantja), empat sekawan berbeda karakter dari Jakarta yang selalu penasaran mencari pengalaman bertemu dengan makhluk halus di tempat-tempat angker. Suatu ketika mereka mendatangi tempat bernama Angkerbatu di daerah Jawa Barat yang dikabarkan banyak mendapat kasus penampakan makhluk halus dan orang kerasukan.

"Jelangkung jadi salah satu film horor Indonesia terbaik ya menurutku, film ini cukup fenomenal dan garapannya juga nggak main-main," kembali terang Priska pada brilio.net.

(brl/swh)

YOU MAY ALSO LIKE

Ibu-Ibu Kena Gendam, Perhiasan Dilucuti Di Pinggir Jalan
Duh teganya dua orang ini. Mereka menipu ibu-ibu dan melucuti perhiasannya. Kita perlu selalu waspada ya guys!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

12 Film horor paling mencekam sepanjang zaman, kamu berani nonton? .
Horor adalah salah satu genre film yang banyak penikmatnya. Meskipun menakutkan, film ini memiliki banyak penonton fanatik.
https://www.brilio.net/life/12-film-horor-paling-mencekam-sepanjang-zaman-kamu-berani-nonton--1511252.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?