Brilio.net - Bekerja tapi tetap merasa senang, bisa nggak ya? Bisa banget, tergantung dari suasana dan teman-teman kerja kamu seperti apa. Suasana kerja yang bikin kamu merasa senang dan bebas dari stres pasti akan membantu kamu lebih semangat dalam bekerja.

Seperti yang dilansir brilio.net dari lifehack, berikut 10 faktor penting yang menjadi tanda apakah tempat kerjamu bikin bahagia:

1. Komunikasi penting bagi seluruh tim
Dalam lingkungan kerja yang menyenangkan, kamu akan jarang melihat teman kerja yang terkejut dengan perubahan atau ide-ide yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Karena segala sesuatunya sudah dikomunikasikan dengan baik.

Komunikasi adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk menguatkan hubungan antara karyawan dengan pimpinan. Pimpinan juga akan merasa senang dan terbuka untuk meminta solusi atau saran dari karyawan.

2. Pentingnya sebuah tujuan dalam perusahaan
Kamu akan melihat teman-teman kerja membahas tujuan perusahaan. Mereka merasa gembira dan penuh semangat untuk bergerak maju dan memikirkan bagaimana mencapai tujuan perusahaan.

3. Kamu tahu kalau kamu adalah bagian dari tim
Harus ada perasaan di tempat kerja, bahwa semua orang di sana itu penting dan tidak saling pilih-pilih dalam hal tugas. Kamu juga merasa bahwa kamu adalah bagian dari orang penting dari tim dengan keterampilan yang berguna dan bakat yang akan membuat pekerjaanmu semakin hebat.

Meskipun seringkali sulit untuk merasa seperti ini di kondisi ekonomi yang kadang tidak pasti, kamu masih harus bekerja keras untuk membuatmu merasa seperti bagian dari tim.

4. Gosip? Tak perlu!
Meskipun akan sulit untuk tidak bergosip, tapi di tempat kerja yang menyenangkan, gosip menjadi hal yang seharusnya dikendalikan. Hal ini tidak hanya pemimpin tim yang mencoba untuk meredakan gosip yang beredar, tapi rekan kerja juga bersedia untuk secara terbuka menyelesaikan masalah, bukan malah menciptakan perpecahan tim dengan menyebar gosip yang tidak perlu.

5. Sambut perubahan dengan terbuka
Salah satu faktor yang paling penting dari tempat  kerja yang bikin bahagia adalah kemampuan untuk menyambut perubahan. Tim harus tahu bahwa pemimpin yang mereka miliki dapat mengelola setiap perubahan dengan baik. Semua orang juga harus terbuka untuk ide-ide dan konsep-konsep baru.

6. Membuka peluang untuk terus berkembang
Dalam suasana kerja yang bahagia, pemimpin tim dan bos mendorong semua karyawan dengan kesempatan untuk maju dan berkembang. Karyawan tidak merasa bahwa mereka terjebak dalam peran yang membosankan, melainkan mereka melihat pekerjaan mereka sebagai peluang. Mulai dari adanya program pelatihan atau menawarkan kesempatan untuk belajar keterampilan baru.

7. Suasana kerja yang positif
Kamu akan melihat bahwa teman-teman kerjamu suka mengobrol dan tertawa. Meskipun semua orang terfokus pada pekerjaan, suasana ruangan tidak diam membisu. Kamu akan melihat orang-orang tersenyum daripada cemberut.

8. Omzet rendah
Omzet tinggi adalah peringatan dari tempat kerja yang negatif, seperti sering ditunjukkan dengan karyawan yang tidak puas dengan pekerjaan mereka. Hal ini bisa karena berbagai alasan, termasuk gaji rendah, jam kerja yang panjang, kurangnya manfaat, atau suasana kerja yang tidak bahagia. Tempat kerja dengan omset rendah menunjukkan bahwa karyawan merasa puas, memiliki manfaat yang sangat baik, dan kesempatan tumbuh dalam perusahaan.

9. Tidak ada yang merasa takut di tempat kerja
Dalam lingkungan kerja yang baik, tidak ada karyawan khawatir untuk mengatakan hal yang salah dan menemukan diri mereka dalam kesulitan. Karyawan tidak takut untuk menyuarakan pendapat untuk bos mereka, dan semua orang merasa seperti mereka dapat berbicara secara terbuka dan tanpa rasa takut.

10. Saling mendukung satu sama lain
Semua tempat kerja yang besar akan membuat masing-masing karyawan merasa didorong oleh anggota lain dari tim. Jika seseorang sedang mendapatkan promosi, baik tim dan pemimpin tim akan mendukung keputusan itu.

Gimana, apakah tempat kamu bekerja memiliki suasana yang menyenangkan? Tetap semangat dan jangan lupa untuk terus berbahagia di tempat kerja dan dimana saja.