Brilio.net - Tuntutan zaman yang semakin maju ini adalah kepemilikan keterampilan khusus, apa pun bidangnya, bukan sekadar kemampuan akademis atau kognitif semata. Kamu bisa tahu sendiri saat melamar pekerjaan, ada kolom dalam formulir tentang keterampilan yang sepatutnya dimiliki calon pelamar.

Nah, kalau kamu bingung nggak punya keterampilan, ada keterampilan-keterampilan yang secara umum dapat kamu kuasai hanya dalam waktu yang relatif singkat atau beberapa bulan saja. Mau tahu apa saja?

Dilansir brilio.net dari Mashable, Rabu (4/11), berikut 10 keterampilan tersebut:

1. Pengeditan foto atau video

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

Loading...

foto: frontierreareearths.com

Sekarang ini semakin banyak pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dasar pengeditan foto dan video. Kamu bisa kursus singkat pengeditan foto dan video selama menunggu waktu kelulusan atau sambil menunggu panggilan kerja yang sesuai minatmu.

Biasanya, untuk mengedit gambar, program paling mudah dan paling banyak digunakan untuk belajar adalah Photoshop. Tapi kalau untuk level lebih profesional lagi, program yang digunakan adalah Corel Paintshop Pro X6. Kalau untuk video, program yang digunakan bisa Final Cut Pro, After Effects, Lightworks dan Sony Vegas. Kemampuan dalam bidang multimedia adalah aset besar sekalipun kamu nggak bekerja di bidang sejenis. Siapa tahu kan, bisa jadi usaha sampingan yang menambah penghasilan kamu.

2. Cardiopulmonary resuscitation (CPR) dan pertolongan pertama

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

foto: westsidepistolrange.com

Cardiopulmonary resuscitation (CPR) adalah  teknik penyelamatan hidup yang berguna dalam keadaan darurat, termasuk serangan jantung atau hampir tenggelam, di mana seseorang bernapas atau detak jantung telah berhenti. Keterampilan CPR dan pertolongan pertama ini jelas sangat berguna di mana pun berada. Pasalnya, kita tidak pernah tahu kapan seseorang atau diri kamu sendiri akan mengalami kecelakaan yang tak diinginkan.

Nah, dengan mengambil pelatihan CPR dan pertolongan pertama, kamu bisa siap siaga kapan pun dalam hal medis. Jarang lho, orang punya keterampilan semacam ini. Banyak orang justru kebingungan dan kalang kabut. Kamu akan menjadi orang yang sangat berjasa kalau bisa melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan dan atau CPR ini. Siapa tahu juga kamu bisa dapat sertifikasi dan berkesempatan membantu korban-korban di daerah bencana. Keterampilan ini juga sangat mendukung bagi kamu yang memang bekerja di bidang kesehatan.

3. Penyajian minuman beralkohol

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkatfoto: giphy.com

Tahu bartender dong? Pekerjaan ini 'menghiasi' semaraknya kehidupan perkotaan, terkhusus di restoran, bar, atau klub kelas menengah-atas. Pekerjaan ini tak semudah yang kamu lihat, lho. Butuh keterampilan untuk meracik minuman sambil melakukan gerakan-gerakan menarik yang bisa memukau pengunjung. Untuk mempelajarinya, kamu bisa datang ke kelas khusus atau bisa juga mempelajari dasar-dasarnya secara online. Tapi tentu saja, ketekunan dalam berlatih setiap hari lah yang akan membuatmu mahir dalam keterampilan ini.

4. Blogging

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

foto: giphy.com

Sekarang ini siapa sih, yang nggak tahu blog? Siapa sih, yang nggak bisa nge-blog? Hampir semuanya bisa dan kelihatan gampang banget, kan? Tapi eits, untuk membuat isi blog-mu menarik itu nggak semudah membalikkan telapak tangan lho, guys. Kamu kudu telaten dan punya keinginan mencoba sesuatu yang baru alias belajar biar bisa menyajikan konten blog dengan apik. Kamu bisa berguru pada temanmu yang ahli dalam blogging. Kalau kamu rutin berlatih mengutak-atik blogmu dan mencoba sesuatu yang baru, dijamin deh, lama-lama kamu jadi blogger andal.

5. Manajemen proyek

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

foto: giphy.com

Kunci menjadi pemimpin adalah campuran keterampilan dan praktik tertentu. Dengan menguasai proyek, atau setidaknya belajar dasar-dasarnya, dapat membantu kamu, terlebih kalau kamu bekerja di bidang bisnis. Biasanya dalam pelatihan atau kursus manajemen proyek ini, kamu akan diajari bagaimana mengatur anggaran, menetapkan tugas dan mengelola dokumen yang diperlukan. Tentu saja semua ini akan bermanfaat untuk kamu saat melamar pekerjaan.

6. Microsoft Office

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

foto: mashable.com

Kamu pasti sudah akrab dengan Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint, kan? Hampir semua dari kamu yang terbiasa menggunakan komputer, tahu fungsi dasar dari kedua program ini, namun akan lebih menguntungkan lagi kalau kamu tahu fungsi 'tersembunyi'nya. Sebab bisa memperlancar pekerjaan kamu sendiri nantinya. Selain kedua program itu, biasanya keterampilan yang dibutuhkan adalah penggunaan Microsoft Excel atau Microsoft Publisher. Nah, tak ada salahnya kamu juga menguasainya. Siapa tahu kan, di pekerjaanmu nanti dibutuhkan keterampilan itu?

7. Kenotariatan

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

foto: notarishenalda.wordpress.com

Menjadi notaris bersertifikat jauh lebih mudah daripada kebanyakan yang orang pikirkan. Namun begitu tergantung pada peraturan negara, yang mana ada ujian yang harus diikuti dan nanti ada sumpah juga. Persyaratannya mencakup jejak rekam bebas hal negatif, seperti bebas dari catatan kriminal, dan secara hukum tercatat sebagai warga negara dari negara bersangkutan di mana kamu mencari sertifikasi untuk keterampilan ini.

8. Scuba Diving

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

foto: giphy.com

Apa itu penyelaman scuba? Scuba sendiri merupakan akronim dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus. Jadi, scuba merupakan peralatan menyelam berupa tabung udara yang untuk pernapasan di dalam air. Tujuan scuba ini adalah memberikan keamanan orang selama menyelam. Kamu bisa mempelajari keterampilan ini untuk mendukung sektor pariwisata Tanah Air, lho. Apalagi negara kita merupakan negara dengan laut nan luas dan wisata selam sedang menjamur, baik di kalangan wisatawan domestik maupun luar negeri. Bermanfaat banget kan, buat kamu dan pariwisata negara kita?

9. Pembicara publik

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

foto: giphy.com

Nggak mudah lho, bicara dengan tenang dan meyakinkan di depan banyak orang, setuju? Nah, dibutuhkan orang-orang yang pandai berdiplomasi, berorasi, atau berbicara di depan banyak orang secara persuasif. Tak perlu jauh-jauh berbicara di hadapan khalayak ramai, berbicara dengan rekan kantor atau bos juga butuh kemampuan komunikasi yang bagus, kan? Bernegosiasi dengan klien juga butuh kemampuan ini. Maka dari itu, kamu bisa ikut pelatihan atau kursus untuk meningkatkan kemampuan komunikasimu. Dengan begitu, kamu bisa percaya diri setiap kali bicara sama orang lain, terlebih di depan orang banyak.

10. Bahasa asing, utamanya Inggris

10 Keterampilan menguntungkan ini bisa kamu kuasai dalam waktu singkat

foto: caliglobetrotter.wordpress.com

Wah, kalau ini memang kudu kamu punya, guys. Paling utama itu bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Kemudian kamu bisa juga mempelajari bahasa-bahasa lain seperti Jerman, Mandarin, India, atau Prancis. Keterampilan ini sangat berguna pada era globalisasi sekarang, di mana akses keluar-masuk warga negara asing ke Indonesia begitu tinggi. Sangat berguna juga kalau kamu mau traveling ke negara-negara di dunia. Siapa tahu juga kamu bisa jadi guide warga negara asing yang sedang bertandang ke Indonesia dan membuka peluang kamu meraih cita-cita atau pekerjaan impian.

Jadi, kamu mau mempelajari keterampilan yang mana? Atau kamu punya rekomendasi keterampilan yang bisa dipelajari dalam waktu relatif singkat sendiri?