Brilio.net - Hei kamu! Iya, kamu yang lahir sekitar tahun 1981 sampai 1997 dan berusia sekitar 18-34 tahun pada 2015 ini, perlu tahu fakta mengenai generasimu, generasi millenial.

Kali ini brilio.net bakalan kasih bocoran 10 fakta tentang generasi millenial, seperti yang dikutip dari rmagazine.com, Jumat (20/3).

10 Fakta tentang generasi millenial



1. Kesenjangan gaji
Kesenjangan gaji berdasarkan jenis kelamin pria dan wanita memang telah berkurang sekarang ini. Akan tetapi, ternyata masih terlihat kesenjangan gaji antara pria dan wanita dilihat dari bentuk tanggungjawab pekerjaannya. Misalnya saja, pria dengan posisi jabatan lebih tinggi mendapatkan gaji yang sedikit lebih banyak dibandingkan wanita yang menempati posisi yang sama.

2. Berpendidikan tapi banyak yang pengangguran
Generasi millenial dinilai sebagai generasi yang paling berpendidikan sepanjang masa. Sayangnya, banyak dari mereka yang justru pengangguran. Dua faktor yang menyebabkan angka pengangguran tinggi pada generasi ini, yaitu (1) mereka bekerja paruh waktu atau (2) tidak bekerja untuk pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan mereka

3. Tak peduli asuransi kesehatan
Mereka tidak punya akses jaminan asuransi kesehatan. Walaupun ada lembaga asuransi, mereka tidak diasuransikan. Di Amerika sendiri, jumlah generasi millenial yang tidak memiliki asuransi kesehatan saja mencapai 24%.

4. Mandiri dan berwirausaha
Paling getol berwirausaha. Kaum millenial suka sekali untuk berbisnis dan menjadi bos di dalam bisnisnya sendiri. Hal ini didorong adanya pengalaman mereka menyaksikan ada anggota keluarga yang terkena PHK pada tahun 2000-an (ini terjadi di Amerika). Tapi di Indonesia sendiri, bisa kita lihat bahwa pemuda-pemuda banyak yang menjadi pebisnis di berbagai bidang. Dari yang punya toko fisik sampai online shop.

5. Tunggu sukses baru menikah
Tidak mau buru-buru menikah. Kaum millenial ingin sukses dan mapan dalam berkarir terlebih dahulu baru memutuskan menikah. Setidaknya mereka akan menikah pada usia 27 tahun (untuk wanita) dan 29 tahun (untuk pria).

6. Millenial lebih banyak daripada Baby Boomers
Telah mengambil alih posisi sebagai populasi terbesar dari generasi baby boomers. Sebanyak hampir 80 juta jiwa generasi millenial (di Amerika) melampaui generasi baby boomers yang pernah dianggap sebagai populasi terbesar angkatan kerja.

7. Pendidikan nomor satu
Generasi millenial mengutamakan pendidikan. Pada tahun 1979 kebanyakan orang mendapatkan gelar sekolah tinggi, kemudian berhenti sampai di situ. Sekarang ini, tren yang ada justru berlomba meraih gelar tertinggi. Generasi millenial tidak hanya berhenti di bangku S1, melainkan getol melanjutkan ke S2 bahkan S3.

8. Pinjam modal di bank untuk berbisnis
Bank-bank mencatat bahwa pinjaman generasi millenial mengalami kenaikan ketimbang generasi lainnya. Mungkin tidak perlu terheran dengan hal ini. Bisa jadi dikaitkan dengan tren mereka berbisnis sehingga melakukan banyak pinjaman di bank.

9. Tak bisa jauh dari media sosial
Melek teknologi. Generasi ini adalah saksi berkembangnya produk-produk teknologi. Contoh sederhananya adalah ponsel iPhone, Samsung, Nokia, maupun HTC. Mereka juga aktif di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Path, sampai Instagram.

10. Boros pengeluaran
Sayang, generasi millenial ini kurang terampil mengelola keuangan mereka. Antara pemasukan dan pengeluaran sering bermasalah.

Walaupun informasi di atas berbasis populasi dan kultur Amerika, setidaknya memberikan informasi bahwa itulah ciri khas generasi millenial secara umum. Adakah fakta di atas yang kamu banget?