Brilio.net - Korea Utara memang dikenal sebagai negara yang tertutup dan tidak mendapat pengaruh dari luar negeri dalam hal apa pun. Hal tersebut kerap membuat warga Korut sendiri seakan terisolasi dari dunia luar, sangat berbanding terbalik dengan Korea Selatan yang booming dengan K-Pop dan K-Drama yang mendunia.

Eits, tapi siapa sangka kalau Korea Utara juga nggak kalah dengan Korea Selatan yang memiliki makanan khas yang juga layak untuk kamu coba sekali seumur hidup. Seperti apa aja?

Yuk, simak di bawah ini, 7 makanan khas asal Korea Utara yang bisa kalian cobain, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (10/3):


1. Pyongyang Cold Noodles (Pyongyang Naengmyeon).

bukhan bab © 2017 brilio.net

Cold noodle, atau dikenal dengan naengmyeon ala Pyongyang ini menjadi favorit warga Korea Utara. Terdiri dari mi bihun, es kaldu daging, lobak, pir, dan potongan mentimun lengkap dengan telur. Sangat cocok dimakan saat musim panas.


2. Bubur Jagung.

bukhan bab © 2017 brilio.net

Bubur ini adalah menu sarapan yang populer di Korea Utara. Biasanya akan lengkap kalau dilengkapi dengan kimchi, sup, kuning telur dan juga rumput laut kering.


3. Sinseollo.

bukhan bab © 2017 brilio.net

Sinseollo atau yeolguja tang adalah satu hidangan diraja Korea yang rumit, seperti shabu-shabu namun versi Korut. Sinseollo terdiri dari bola daging, pangsit, jeonyueo kecil dan bulat, dan sayur-sayuran yang dimasak di dalam air rebusan yang pekat.

Makanan ini hanya bisa dimakan oleh orang-orang yang terkaya di Korut.


4. Injo Gogi Bap.

bukhan bab © 2017 brilio.net

Adalah makanan yang terbuat dari makanan sisa (yang masih bisa dimakan tentunya) kemudian digulung menjadi satu seperti sosis yang berwarna hitam. Makanan ini biasanya dimakan sebagai tambahan kari atau saus yang pedas.


5. Tofubab.

bukhan bab © 2017 brilio.net

Makanan ini mirip dengan inarizushi asal Jepang yang terdiri dari tahu goreng dengan isian nasi di dalamnya.


6. Soondae.

bukhan bab © 2017 brilio.net

Soondae adalah hidangan Korea yang umumnya dibuat dengan merebus atau mengukus usus sapi atau babi yang diisi dengan berbagai bahan.

Hidangan ini adalah jenis sosis darah dan diyakini telah dimakan sejak lama. Resep yang terkait dengan sundae dapat ditemukan dalam buku masak Joseon diterbitkan pada abad ke-19.


7. Bughan Barbeque.

bukhan bab © 2017 brilio.net

Bughan Barbeque atau barbekyu khas Korea Utara ini agak berbeda dengan yang ada di Korea Selatan. Barbekyu Korut ini dipanggang dengan alat khusus yang sudah digunakan secara turun-menurun.

Daging sapi ditusukkan dengan batang besi kemudian dipanggang di atas bara.

Gimana? Kamu jadi pengen nyobain nggak nih, Sobat Brilio?