Brilio.net - Semenjak pertama kali diadakan pada 1999, Pinasthika sudah bertransformasi ke dalam wajah yang berbeda-beda. Awalnya, ajang ini hanya sebuah kompetisi periklanan kemudian berubah menjadi festival iklan, hingga beberapa tahun terakhir dikukuhkan sebagai festival kreatif. Nah, Pinasthika Creativestival XVII menghadirkan konsep yang berbeda, yakni ekosistem ekonomi kreatif bertajuk 'AwakeON'.

Chief Happiness Officer sekaligus Chairman Pinasthika Creativestival XVII, Affi Khresna menyatakan ekosistem kreatif adalah orang berproses kreatif melibatkan elemen lain agar karya atau produknya bisa diterima masyarakat. Setidaknya ada beberapa elemen yang bisa diajak berkolaborasi oleh pelaku kreatif, yakni akademisi atau mahasiswa, pemerintah, budayawan, komunitas dan media.

Pinasthika Creativestival © 2016 brilio.net

"(Jika) setiap orang baik sebagai pelaku bisnis, pemerintah, maupun pegiat budaya, akademisi, pemilik produk kreatif saling terhubung, harapannya (bisa) menghasilkan sebuah project atau produk yang bisa (bertahan) secara jangka panjang karena dihasilkan oleh orang yang kompeten di bidangnya," tutur Affi Khresna kepada brilio.net di Hartono Mall, Yogyakarta, Selasa (1/11).

Nah, untuk merasakan keseruan festival kreatif ini kamu bisa datang ke Hartono Mall Yogyakarta mulai tanggal 3 hingga 6 November 2016. Di event ini, kamu bisa melihat karya iklan, desain produk, pop up market, showcase produk kreatif, serta social movement di Creative Movement Gallery.

Pinasthika Creativestival © 2016 brilio.net

Jika nggak mau ketinggalan dengan event yang hits ini, Brilio.net juga bakal hadir di stage creative sharing. Nggak perlu bayar untuk ikutan ini, kamu cukup datang pada tanggal 5 November mulai pukul 14.00 WIB. Jika ingin tahu proses kreatif dari ahlinya, kamu juga bisa juga bergabung di 10 Hours Creative Seminar yang diadakan pada tanggal 4 November dengan narasumber kece dari berbagai start-up serta pelaku kreatif, seperti Rio Dewanto dan Handoko Hendroyono.

Selain rangkaian acara di atas, ada juga Creative Workshop, Creative Product Workshop, serta Advertising & Graphic Design Competition. Jika kamu memang tertarik dengan dunia kreatif atau ingin menggeluti karier di bidang ini, wajib banget ramaikan event ini. Pasalnya, ajang ini merupakan parameter kemajuan industri periklanan Indonesia, lho.