Brilio.net - Anak muda selalu identik dengan kreativitas. Makanya nggak heran banyak acara yang melibatkan anak muda untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka. Selain itu generasi milenial dianggap sebagai kelompok yang memiliki sudut pandang kritis dan kreatif, serta memiliki pemikiran yang tajam dalam melihat banyak hal. Termasuk memaknai sesuatu, salah satunya soal uang.

Sebagai informasi nih, menurut Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf), Indonesia didominasi generasi milenial dengan rata-rata 80% dari 1,6 juta industri kreatif yang ada. Para pelaku ekonomi kreatif umumnya berada dalam usia 20 sampai 40 tahun dengan berbagai macam bidang usaha yang mereka geluti, termasuk diantaranya karya seni.

Nah buat Sobat Brilio yang ingin mengembangkan literasi keuangan dengan cara kreatif, ada nih ajang yang cocok buat kamu yakni #BicaraUang Creator Fest 2019. Ajang yang diinisiasi PermataBank ini bertujuan untuk mewadahi generasi muda di seluruh Indonesia yang passionate untuk mulai berani #BicaraUang dan menuangkannya ke dalam sebuah karya yang menghibur secara visual, serta dapat mengedukasi mengenai permasalahan finansial lewat cara yang kreatif.  

Bicara Uang © 2019 brilio.net (Ki-Ka): Yandy Laurens, film maker dan salah satu Co Founder Cerita Films, Anton Ismael, fotografer, founder Kelas Pagi dan Third Eye Space, Ivy Widjaja, Head of Customer Segmentation and Marketing PermataBank, dan Muklay, Visual Artist. (dok. PermataBank)

Acara Creator Fest sendiri mulai digelar sejak 2017 lalu. Lewat #BicaraUang, PermataBank kembali melaksanakan Creator Fest 2019 untuk ketiga kalinya. Lewat acara ini juga PermataBank mengajak para creator muda dapat memberikan kontribusi sosial dalam bentuk lelang amal melalui karya yang mereka ciptakan.

”Kami ingin banyak generasi muda punya wadah untuk menuangkan kreativitas dalam memaknai keuangan,” papar Head, Customer Segmentation & Marketing PermataBank Ivy Widjaja dalam acara jumpa pers di Ottomans’ Coffee, Kuningan, Jakarta Selatan.  

Ajang ini melibatkan sejumlah mentor ahli di bidang masing-masing seperti Yandy Laurens dari Cerita Films untuk scenario. Lalu ada juga Goen Rock untuk teknis videography. Kemudian ada Anton Ismael dan Kelas Pagi untuk creative photography. Kemudian ada Muklay untuk ilustrasi dan GFC untuk creative fashion.

”Ajang seperti Creator Fest 2019 ini pastinya sangat dibutuhkan anak-anak muda kreatif untuk dapat mengeksplorasi bakat mereka secara lebih mendalam. Jadi mereka memiliki wadah berbagi dan berdiskusi untuk dapat menciptakan karya yang menghibur dan juga mengedukasi,” ujar Muklay selaku visual artist yang merangkap sebagai coach Creator Fest 2019.

Nah Creator Fest 2019 sendiri memiliki tiga kategori kompetisi, apa saya ya? creator hunt, creator fest, dan creator camp.

1. Creator Hunt

Bicara Uang © 2019 brilio.net

Kegiatan creator hunt yang berlangsung mulai 31 Maret hingga 31 Mei ini merupakan segmen pencarian bakat creator yang memiliki pandangan baru, ide dan kreatifitas yang dituangkan dalam sebuah pesan mengenai keuangan di mana semua karya diunggah melalui website ini.

2. Creator Camp

Bicara Uang © 2019 brilio.net

Lalu ada juga creator camp yang berlangsung 24 Juni hingga 31 Juli, merupakan acara pemilihan 30 orang creator untuk mengikuti camp dan coaching untuk menghasilkan karya yang dapat dipamerkan dengan arahan dari para mentor di bidang masing-masing.

3. Creator Fest

Bicara Uang © 2019 brilio.net

Acara yang berlangsung 14-15 Agustus ini merupakan segmen final di mana para creator memiliki kesempatan memamerkan, mempresentasikan karya mereka. Selain itu di acara ini juga akan diadakan prosesi lelang hasil dari beberapa karya mereka untuk disumbangkan ke badan amal kemanusiaan. Acara puncaknya akan dilaksanakan pada Agustus 2019 bertepatan dengan salah satu acara terbesar PermataBank Wealth Wisdom 2019.