Brilio.net - Tidur adalah salah satu bagian paling penting dari aktivitas harian manusia. Kurang atau kelebihan waktu tidur, dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, ternyata posisi hadap kepala pada saat tidur pun nggak kalah penting untuk membuatmu sehat dan terbebas dari beberapa gangguan kesehatan.

Dilansir brilio.net dari The Healthy Site, Jumat (14/7), kamu sebisa mungkin menghindari posisi tidur dengan menghadap ke utara. Alasan pertama adalah bahwa bumi adalah magnet raksasa dan tubuh manusia juga punya medan magnetik. Saat kepalamu menghadap ke utara, magnetik tubuh dalam posisi asimetris dengan magnet bumi.

Akibatnya, akan membuat masalah pada tekanan darah dan jantungmu akan bekerja ekstra untuk menyeimbangkannya. Akibat lain adalah jika pembuluh darahmu lemah, kamu bisa mengalami pendarahan atau bahkan stroke.

Tidur Utara © 2017 Istimewa

Faktanya ketika kamu memposisikan tubuhmu secara horizontal, denyut nadimu akan menurun. Tidur dengan kepala menghadap ke utara juga bisa menyebabkan terganggunya sirkulasi darah, mengakibatkan gangguan tidur dan stres. Jadi jangan heran ketika bangun kamu merasa ada gangguan dan sensitif terhadap suatu hal.

Ahli mempersilakan hadapkan kepala ke arah manapun selain ke arah utara. Selain itu, Anil Kulkarni, seorang ahli pengendalian rasa sakit, menyarankan untuk merebah ke arah kiri untuk mengurangi tekanan pada jantung.