Brilio.net - Seberapa banyak kamu tahu tentang riwayat kesehatanmu sendiri?  Ya, tentu kamu tahu tentang apa saja yang membuatmu alergi atau usia berapa kamu terkena cacar air. Pernahkah kamu menempatkan dirimu dalam konteks kondisi medis keluargamu, terutama yang turun temurun? Apakah kamu tahu bagaimana kakek dan nenekmu meninggal dan apa penyakit yang mereka miliki, dan apakah orangtuamu pernah memiliki riwayat penyakit yang serius dalam perjalanan hidup mereka?

Dilansir brilio.net dari Bustle, Jumat (1/1), bahwa penting untuk mengetahui bagaimana riwayat kesehatan keluargamu. Hal tersebut bertujuan untuk tahu kesehatanmu sendiri karena banyak penyakit yang berhubungan dan unsur genetika dalam tubuh kita. DNA medis ibumu memiliki suatu pegangan yang sangat kuat pada masa depan kesehatanmu.

Sangat penting untuk diingat bahwa bagaimana kondisi kesehatan ibumu itu relevan dengan kesehatanmu. Tidak hanya sebatas untuk kesehatan ginekologi - meskipun beberapa bagian (menopause, payudara, dan kanker ovarium) memiliki ceri tertentu. Nah, berikut delapan pertanyaan untuk mengetahui riwayat kesehatanmu sendiri yang akan menginformasikan tentang riwayat kesehatanmu sendiri, dan mudah-mudahan membuatmu lebih aman di masa depan.

1. Apakah ibumu merokok atau minum alkohol selama hamil?

Tanyakan 8 hal ini pada ibumu tentang kondisi kesehatannyafoto: bustle.com

Loading...

Tentu kamu harus bertanya baik-baik, bukan untuk menuduh ibumu. Dampak dari alkohol dan tembakau pada janin yang terkenal dalam dunia medis adalah masalah jantung dan pernapasan.

2. Apakah ibumu memiliki sejarah diabetes tipe 2?

Tanyakan 8 hal ini pada ibumu tentang kondisi kesehatannya

foto: drmerz.com

Diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit yang tampaknya mitokondria, yang berarti mereka diturunkan melalu gen dari ibumu. Ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, tetapi ilmu pengetahuan kini telah menemukan hubungan yang cukup kuat antara diabetes tipe 2 ibu dan kondisi yang sama pada anak-anak mereka. Jadi, jika ibumu pernah menderita diabetes tipe 2 bahkan sebelum dia hamil, hal itu harus kamu tahu untuk riwayat kesehatanmu sendiri.

3. Apakah ibumu pernah memiliki masalah dengan jantungnya?

Tanyakan 8 hal ini pada ibumu tentang kondisi kesehatannyafoto: bustle.com

Ada masalah jantung tertentu yang dapat diuji secara genetik di orangtua dan anak: aritmia, misalnya, sering diwarisi dari keluarga, seperti kondisi yang mempengaruhi regulasi yang tepat dari otot jantung. Jadi, jika ibumu pernah terkena masalah jantung, cari tahulah bagaimana ia bisa terkena penyakit tersebut, apakah orang lain di keluarga dekatnya mengalami hal serupa.

4. Kapan ibumu menopause?

Tanyakan 8 hal ini pada ibumu tentang kondisi kesehatannyafoto: huffingtonpost.com

Usia menopause ibumu memiliki pengaruh yang kuat terhadap kapan kamu akan berhenti menstruasi. Ini salah satu faktor penting dalam menentukan jendela kesuburanmu sendiri. Jadi, jika kamu ingin memiliki anak atau kamu merasa memiliki masalah kesuburan, ini merupakan bagian penting untuk mendapatkan informasi yang tepat. Selain itu tentu saja faktor gaya hidup juga mempengaruhi hal ini.

Siklus menstruasimu terkait erat dengan periode ibumu pada umumnya. Kamu cenderung untuk menstruasi pertama kali sama dengan ibumu mengalaminya pertama kali.

5. Apakah ibumu pernah mengalami masalah dengan kesehatan mentalnya?

Tanyakan 8 hal ini pada ibumu tentang kondisi kesehatannya

foto: huffingtonpost.com

Aspek turun temurun dari kesehatan mental sering mengalami perkembangan, tapi tampaknya bahwa genetika memiliki peran yang kuat kambuhnya mereka dalam keluarga. Mencari tahu apakah ibumu pernah mengalami kesulitan mental, terutama depresi postparfum yang spesifik hanya ditemukan ada tahun 2013, tetapi riwayat kondisi keluarga jelas sesuatu yang perlu diketahui dokter jika kamu ingin hamil.

6. Apakah Ibumu Pernah mengalami masalah dengan kesehatan matanya?

Tanyakan 8 hal ini pada ibumu tentang kondisi kesehatannyafoto: moreladiesbehindcrystalveil.blogspot.com

Genetika adalah salah satu faktor risiko besar ketika datang pengembangan glaukoma. Sebagai informasi, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di seluruh dunia setelah katarak. Banyak penelitian telah dilakukan ke dalam mutasi genetik yang bertindak sebagai faktor risiko untuk mengembangkan glaukoma, atau bahkan menyebabkan langsung. Para ilmuwan telah menemukan setidaknya tujuh. Ini cukup jelas bahwa jika ibumu pernah terkena glaukoma, kamu pun berisiko terkena glaukoma.

7. Apakah ibumu atau keluarganya pernah ada yang terkena kanker rahim dan kanker payudara?

Tanyakan 8 hal ini pada ibumu tentang kondisi kesehatannyafoto: storypick.com

Ada beberapa mutasi genetik yang bertanggung jawab untuk beberapa kasus kanker payudara, yakni: gen BRCA1, BRCA2, dan mutasi gen TP53. Lacaklah sejarah kanker pada wanita di keluargamu, termasuk kapan tepatnya penyakit tersebut muncul, ini penting untuk riwayat kesehatanmu sendiri juga.

8. Apakah ibumu memiliki gejala osteoporosis?

Tanyakan 8 hal ini pada ibumu tentang kondisi kesehatannya

foto: burnsidegorge.ca

Jika ibumu terkena osteoporosis, ini adalah tanda jika kamu juga berisiko terkena masalah yang sama. Tapi, ini bukan satu-satunya yang berpengaruh, karena faktor lain pun bisa memicu osteoporosis.