×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Susu 'beruang' diyakini bisa bantu obati tipes, mitos atau fakta?

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Susu 'beruang' diyakini bisa bantu obati tipes, mitos atau fakta?

Susu ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

27 / 06 / 2018

Brilio.net - Selain obat-obatan, ada beberapa jenis produk makanan dan minuman yang sudah dikenal dapat membantu mengobati penyakit tertentu. Salah satunya yang sudah diketahui banyak orang bahwa produk susu yang sering disebut susu 'beruang' diklaim dapat mengobati penyakit tipes.

Merek susu yang biasanya disajikan dalam bentuk kalengan ini juga dikenal sebagai salah satu produk yang baik untuk tubuh ketika seseorang mulai merasa tidak enak badan agar tidak jatuh sakit. Tidak mengherankan jika banyak yang menyarankan untuk mengonsumsinya.

Namun apakah benar bahwa susu 'beruang' memang dapat membantu menyembuhkan penyakit tipes? Lalu apa sajakah kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu 'beruang' sehingga sering direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sakit?

Dilansir dari hellosehat.com, Rabu (27/6), brilio.net sudah merangkum penjelasan ilmiah susu 'beruang' yang diyakini dapat membantu obati tipes.

Penyakit tipes atau yang juga dikenal dengan nama demam tifoid merupakan infeksi demam akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan banyak komplikasi berbahaya yang berakibat fatal. Nah salah satu cara penanganan tipes di rumah adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Loading...

Biasanya dokter akan merekomendasikan pasien untuk makan makanan tinggi kalori dan protein, seperti susu. Meski begitu, orang yang terkena penyakit tipes tidak boleh mengonsumsi sembarang susu. Produk susu yang boleh dikonsumsi adalah susu yang sudah dipasteurisasi dan disterilisasi.

Susu 'beruang' merupakan salah satu produk yang kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kandungannya yang tinggi kalori dan protein. Satu kaleng susu 'beruang' yang dijual di pasaran biasanya memiliki energi total sebesar 120 kilokalori (kkal). Dengan rincian, 7 gram lemak total, 6 gram protein, 9 gram karbohidrat dan 115 miligram natrium. Selain itu, susu 'beruang' juga adalah jenis susu yang sudah melewati proses sterilisasi, sebuah proses pemanasan susu menggunakan suhu tinggi untuk membunuh kuman dan bakteri di dalamnya.

Sementara itu dikutip dari drhealthbenefits.com, susu steril dapat memberikan manfaat untuk penyembuhan peradangan usus akibat penyakit tipes. Pasalnya, susu steril memang lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Namun belum ada penelitian medis yang cukup kuat untuk membenarkan atau mendukung klaim tersebut.

Berdasarkan penjelasan itu dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi susu 'beruang' bagi penderita tipes memang dibolehkan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Akan tetapi, meminum susu 'beruang' bukan satu-satunya cara untuk dapat menyembuhkan penyakit tipes. Mencukupi nutrisi dari makanan lainnya dan menjalani pengobatan dari dokter juga harus tetap dilakukan.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah susu 'beruang' harus segera dihabiskan setelah kemasan dibuka agar bakteri dan kuman ada di sekitarnya tidak masuk ke dalam. Jenis susu ini juga tidak dapat bertahan lama setelah dibuka.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    75%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more