1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Firda Olivia 23 Desember 2016 23:03

Selain untuk kanker, ini guna tak terduga makanan ungu buat kesehatan

Bisa untuk diet juga lho.

Brilio.net - Kamu pasti udah tahu kan mnanfaat dari sayur atau buah-buahan berwarna hijau atau merah. Tetapi tahukah kalian kalau makanan berwarna ungu ternyata juga punya manfaat yang nggak kalian duga?



Seperti brilio.net lansir dari Dailymail.co.uk, Jumat (23/12), buah dan sayur yang berwarna ungu ternyata punya khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Warna pada sayur dan buah berwarna ungu berasal dari fitokimia yang berkhasiat melindungi tubuh manusia dari serangan beragam penyakit. Makanan berwarna ungu mengandung antioksidan yang disebut antosianin yang melindungi sel dari sinar ultraviolet.


1. Anti age-ing atau mencegah penuaan dini



Pigmen antosianin yang ada pada makanan berwarna ungu mampu membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet serta mampu menunda penurunan kolagen kulit ketika kita semakin menua.

2. Obesitas




Dalam sebuah studdi di Jepang pada 2008 bahwa tikus percobaan yang diteliti mengalami penambahan berat bada ketika mereka makan antosianin lebih sedikit. Tahun lalu, sebuah studi juga membuktikan bahwa tikus yang mengalami obesitas bisa mengalami penurunan berat badan ketika mereka makan kentang manis berwarna ungu.

Nah buat kamu yang diet nih, bisa coba dengan diet makanan berwarna ungu ini.

3. Melindungi jantung




Buah dan sayur berwarna ungu juga kaya akan flavonoid, sifatnya baik bagi jantung sehingga mampu mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Membantu melawan kanker




Lagi-lagi antosianin, berperan sebagai antioksidan yang membantu dalam penurunan risiko kanker dan juga bisa meningkatkan kemampuan memori.

5. Jenis makanan ungu
Nah untuk jenis makanan berwarna ungu, bisa dibagi menjadi 3 yaitu sayuran, buah dan juga herba.




Sayuran: Kubis ungu, terong, ketela pohon ungu, paprika ungu, brokoli ungu dan bawang bombai ungu.
Buah: buah anggur, buah ara, kismis, plum dan arbei.
Herba: Lavender dan kemangi ungu.




Untuk herba sendiri memiliki kegunaan sebagai bahan produk perawatan kulit dan rambut. Selain itu, aromaterapi dari lavender juga ampuh mengurangi gejala insomnia, cemas, migrain, dan depresi.

Banyak banget lho cara untuk kamu biar bisa menikmati makanan berwarna ungu. Jangan pernah ragu deh untuk menikmati dan mendapat manfaat kesehatannya!

(brl/ani)

Inspiratif, Ojek Khusus Kaum Hawa
Seratus persen rider ojek adalah perempuan, layanan baru di Jogja.

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?