Brilio.net - Umat Islam punya kewajiban menjalankan ibadah bernama shalat sebanyak lima kali dalam sehari. Di samping itu, ada pula ibadah shalat sunah seperti rawatib (sebelum atau sesudah shalat wajib), dhuha, tahajud, dan lain sebagainya. Selain sebagai sebuah kewajiban, shalat adalah ungkapan permohonan juga syukur kepada Tuhan. Gerakannya sudah tertentu.

Nah, ternyata shalat tidak hanya bernilai ibadah, namun juga punya andil dalam peningkatan kesehatan, lho. Di balik kompleksitas gerakan itu ada sisi kesehatan di dalamnya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa gerakan rutin di dalam shalat mampu mencegah perkembangan sakit pinggang, seperti dikutip brilio.net dari Indiatimes, Jumat (17/3).

Shalat Kesehatan  © 2017 India Times

Temuan ini dijuduli 'Studi Ergonomi Gerak Tubuh Selama Shalat Menggunakan Pemodelan Manusia Digital' diunggah di International Journal of Industrial and Systems Engineering. Gerakan membungkuk, berlutut, dan meletakkan dahi ke lantai adalah peregangan yang baik.

"Gerakan-gerakan (shalat) sangat mirip dengan yoga atau terapi fisik untuk menangani sakit pinggang," tutur  salah satu peneliti, Profesor Mohammad Khasawneh.

Loading...

Pose berlutut saat hendak sujud mampu meningkatkan elastisitas persendian. Orang dewasa amat direkomendasikan untuk melakukan gerak berlutut ini. Wah, ibadah sekalian olahraga nih, ya.