Brilio.net - Membersihkan hidung dari kotoran atau mengupil merupakan hal yang biasa. Biasanya orang mengupil dengan menggunakan jari. Namun siapa sangka, mengupil dengan jari memiliki efek buruk untuk kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di European Respiratory Journal menunjukkan bahwa dampak buruk dari seseorang yang mengupil dengan jari bisa menyebabkan pneumonia atau kanker paru-paru. Alasannya, karena adanya kontak langsung antara hidung dan tangan di mana tangan kita terdapat banyak sekali kuman dan bakteri.

Sementara itu, dokter sekaligus peneliti klinis di Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital, Victoria Connor, mengatakan bahwa infeksi pneumokokus adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penyakit ini diperkirakan yang menjadi penyebab atas 1,3 juta kematian anak-anak di bawah lima tahun setiap tahun.

"Orangtua dan orang-orang dengan penyebab lain imunitas yang terganggu, seperti penyakit kronis, juga berisiko tinggi terkena infeksi pneumokokus," katanya seperti dilansir brilio.net dari The Sun, Sabtu (13/10).

Sayangnya, menurut Connor masih banyak yang belum memahami penyebaran bakteri tersebut, sehingga banyak masyarakat yang telat untuk penanganannya.

"Masyarakat perlu diberikan pemahaman lebih jelas tentang bagaimana bakteri menyebar. Akan memungkinkan untuk saran yang lebih baik tentang bagaimana penularan dapat dikurangi, sehingga ada pencegahan infeksi pneumokokus yang lebih besar," jelasnya.

Connor menambahkan, mungkin tidak realistis membuat anak-anak berhenti mengupil, memasukkan tangan dan menggosok hidung mereka. Selain itu dia mengatakan kehadiran bakteri kadang-kadang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak dan dapat mengurangi peluang mereka untuk membawanya lagi di kemudian hari.

"Dalam situasi ini, memastikan kebersihan tangan yang baik dan pembersihan mainan atau permukaan mungkin akan mengurangi transmisi, dan mengurangi risiko terkena infeksi pneumokokus seperti pneumonia," tutupnya.