1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Annisa Amalia Hapsari 13 Februari 2018 22:30

Lagi ngetren, ini ternyata manfaat dan risiko diet keto

Diet keto dipercaya efektif menurunkan berat badan.

Brilio.net - Dewasa ini sudah banyak macam cara dan terapi diet yang bermunculan untuk membantu menurunkan berat badan. Tapi kalau istilah diet keto sudah pernah dengar belum? Mungkin istilah ini masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun beberapa tahun terakhir diet keto atau diet ketogenik popularitasnya mulai meningkat.

Pada dasarnya diet ketogenik atau diet keto ini merupakan diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan memperbanyak asupan lemak serta protein hewani. Di mana asupan lemak ini akan menggantikan peran karbohidrat sebagai sumber energi.

Ketika tubuh kekurangan karbohidrat, kadar glukosa dalam tubuh akan turun sehingga tubuh akan mulai memecah lemak untuk dijadikan sumber energi. Proses ini disebut dengan ketosis. Oleh sebab itu metode menurunkan berat badan ini dikenal dengan istilah diet keto.

Selain dipromosikan sebagai diet yang dapat memberikan hasil dalam waktu singkat, diet yang membatasi asupan karbohidrat secara ketat, kecuali karbohidrat dari sayuran ini juga dapat memberikan energi yang lebih bagi tubuh. Namun tidak sedikit rumor yang mengatakan bahwa diet ini merupakan cara yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan.

Lalu sebenarnya apa sih manfaat dan risiko diet yang belakangan kerap terlihat di media sosial ini? Dilansir brilio.net dari hellosehat.com, Selasa (13/2),  ini manfaat dan risiko dari terapi menurunkan berat badan yang satu ini.

1. Manfaat diet ketogenik.

Sebuah penelitian oleh seorang profesor dai Universitar Sapienza, Italia, menyatakan sebanyak lebih dari 19 ribu peserta diet keto mengalami penurunan berat badan yang cepat dengan efek samping yang sedikit. Bahkan kebanyakan peserta juga tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan setelah satu tahun. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa terapi diet ini merupakan cara yang baik untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas karena efek samping yang dirasakan seperti kelelahan dapat dikurangi.

Seorang ahli nutrisi dalam bidang olahraga, Rudy Mawer, menambahkan bahwa salah satu keuntungan dari terapi diet ini adalah hasilnya yang cepat dan memiliki konsep yang sederhana karena hanya perlu membatasi satu golongan makanan saja. Selain itu, diet ini juga dapat membuat seseorang merasa kenyang walau mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang sedikit.

Bahkan seorang ahli nutrisi di Cleveland Clinic Childern's Hospital, Bette Klein, memanfaatkan terapi diet ini untuk meringankan gejala epilepsi pada anak. Menurutnya diet ini efektif diterapkan pada anak yang tidak mempan diterapi dengan dua jenis obat anti-epilepsi. Sekitar 50% anak yang menjalani diet keto mengalami penuruan frekuensi kejang. Namun hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan hal ini terjadi.

2. Risiko diet ketogenik.

Seorang ahli nutrisi dari Cleveland, Lisa Cimperman, kurang setuju dengan terapi diet ini. Ia menjelaskan bahwa berat yang berkurang saat seseorang menjalani diet ketogenik adalah berat air dalam tubuh. Ketika tubuh memasuki fase keadaan ketosis, seseorang akan segera keilangan massa otot dan menjadi sangat kelelahan. Singkatnya, dalam fase ini seseorang akan memasuki fase kelaparan. Di mana ketika berada dalam fase ini, maka orang tersebut justru akan lebih sulit kehilangan berat badan.

Menurut ahli nutrisi lainnya, diet ini harus dikontrol ketat oleh tenaga medis dan hanya boleh dilakukan dalam jangka pendek saja. Ia mengatakan bahwa terapi diet ini hanya boleh dilakukan pada kasus yang ekstrem. Diet ketogenik dapat merusak otot, termasuk otot jantung. Meski diet ini bisa membuat kadar gula darah turun, tetapi tingginya keton juga bisa merusak organ tubuh lainnya.

(brl/fen)

YOU MAY ALSO LIKE

INDONESIA WICARA - Yang Spesial di Bulan Ramadhan
Menyambut bulan Ramadhan kali ini, Brilio bertanya kepada teman-teman mengenai hal-hal apa yang bikin bulan Ramadhan spesial atau berbeda dari ...
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    25%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Lagi ngetren, ini ternyata manfaat dan risiko diet keto.
Diet keto dipercaya efektif menurunkan berat badan.
https://www.brilio.net/kesehatan/lagi-ngetren-ini-ternyata-manfaat-dan-risiko-diet-keto-180213p.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP