Brilio.net - Jam berapa biasa kamu bangun di pagi hari? Apa saja yang biasa kamu lakukan? Ada baiknya waktu pagi kamu habiskan untuk bersantai menikmati suasana, apakah ditemani bacaan ataupun keluarga. Ilmuwan menyebut bahwa memulai pekerjaan terlalu pagi bisa membuat stres.

Dikutip dari India Times, Paul Kelly, dokter yang bekerja di Oxford University mengklaim bahwa bekerja di bawah pukul 10 pagi sama seperti menyiksa diri. Pasalnya, dapat menyebabkan sakit, kelelahan, dan stres. Pernyataan ini disampaikan mengikuti maraknya penerapan jam kerja karyawan banyak perusahaan di berbagai negara sebelum jam 10.

Jam Ideal kerja  © 2017 Pixabay

Kelly menjelaskan bahwa tubuh telah dirancang memiliki keteraturan. Maka memaksakan diri untuk bangun pagi membuat jam internal tubuh yang dikenal dengan istilah ritme sirkadian menjadi terganggu. Jika jam tubuh yang telah diprogram secara alami ini dirusak, maka akan mengganggu kesehatan tubuh.

Kelly menyarankan adanya perubahan signifikan mengenai pola pikir masyarakat. Bahwa adanya kebutuhan memindah jam kerja dan sekolah agar sesuai dengan jam tubuh alami kita. Menurutnya, kita terjebak pada pola jam kerja semasa Revolusi Industri yang menerapkan kewajiban 8 jam kerja yaitu pukul 9-5.

Loading...

Kelly melakukan eksperimen berupa penggeseran jadwal reguler SMA di Monkseaton Inggris dari pukul 8.30 pagi menjadi pukul 10 pagi. Hasilnya, diperoleh rata-rata peningkatan produktivitas siswa sebanyak 19 persen begitu mereka menyesuaikan diri dengan jadwal baru.