Brilio.net - Penglihatan manusia melalui mata memiliki keterbatasan, terkadang mata menerima transformasi dari sebuah gambar diam maupun bergerak seperti video. Hal itu membuat mata menangkap sesuatu yang berbeda dengan aslinya, baik dalam hal perspektif dan efek yang bisa ditimbulkan oleh penglihatan tersebut seperti pada ilusi optik.

Fenomena lazim yang terjadi pada ilusi optik juga dirasakan kebanyakan orang karena adanya ketidasinkronan antara mata dan otak. Antara bingung di saat melihat sebuah perbedaan dan otak yang sulit menerjemahkan informasi tersebut, seperti halnya beberapa karya ilusi optik Georg Rüschemeyer dalam bukunya The New Book of Optical Illusions.

BACA JUGA: Video ini tunjukkan film Bollywood nggak kalah keren dari Hollywood

Namun bagaimana jika ilusi optik tersebut dalam bentuk video? Kamu akan diharuskan fokus ke titik tengah video. Kemudian setelah beberapa waktu, ketika kamu melihat arah sekitar secara otomatis objek akan bergerak sendiri tak tentu. Bahkan, bisa menghipnotis kamu lho. Berikut brilio.net rangkum video ilusi optik bernama Motion After Effect (MAE) di bawah ini, Kamis (11/2).

1. Gimana, bikin pandangan mata kamu jadi aneh?

2. Sudah mulai bingung?


3. Mulai sedikit pusing.


4. Tatap terus dan tetap fokus.


5. Apa kamu sudah mulai berhalusinasi?


6. Rasakan efek spiralnya.


7. Titik fokus di tengah, jangan bergeser.


8. Serasa tak ada perubahan.


9. Mulai terasa, bikin bingung.


10. Relakasasi mata kamu dong.