Brilio.net - Biasanya seseorang yang keluar dari gedung bioskop setelah menonton film sedih akan keluar dalam keadaan mata bengkak karena banyak nangis. Namun berbeda dengan yang terjadi di Selandia Baru. Ada hal baru yang bisa dicapai dari menonton film sedih, yaitu sebuah penemuan tentang cara baru mendeteksi kanker payudara.

Dilansir dari Dailymail, Jumat (11/11), hal ini dilakukan oleh peneliti Amerika Serikat dari Ascendant Diagnostics yang meneliti 400 relawan wanita asal Selandia Baru yang mau mendonasikan air matanya setelah menonton film mengharukan, Brooklyn.

deteksi breast cancer © 2016 brilio.net

Peneliti tersebut percaya bawa air mata berpotensi untuk membantu kanker payudara dengan keakuratan 90%.

deteksi breast cancer © 2016 brilio.net

Loading...

"Kanker payudara bisa dideteksi dini melalui protein yang ada di dalam air mata yang disebut dengan Melody," begitu tulis peneliti dalam abstrak penelitian mereka.

Koleksi protein yang ada di air mata akan membedakan mana wanita yang terkena kanker payudara dan mana yang tidak dengan sensivitas sebanyak 88% dan spesifisitas 86%.

deteksi breast cancer © 2016 brilio.net

Namun sebelum meminta persetujuan legal, para peneliti ini masih perlu untuk memperbaiki perangkat tes dan juga masih membutuhkan sample air mata lagi. Ascendant Diagnostics berharap bisa menciptakan sebuah alat yang lebih mudah dalam mendeteksi, dan juga bisa memeriksa lebih awal.

Sejauh ini, teknologi mammograms memang masih populer digunakan untuk memeriksa kanker payudara. Ascendant Diagnostics mengklaim bahwa mammograms belum 100% bisa mendeteksi kanker payudara dalam wanita.

Perusahaan tersebut juga memperkirakan alat yang mereka ciptakan bisa jadi terobosan besar di dunia medis, dan akan siap beberapa tahun lagi.