×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

9 Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan

Meski terkesan sepele, tapi ternyata khasiat belimbing wuluh ini sangat dahsyat.

26 / 03 / 2019 10:23

Brilio.net - Belimbing wuluh biasa disebut sebagai belimbing sayur. Belimbing wuluh banyak tumbuh di area tropis seperti Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Belimbing ini memiliki bentuk berbeda dengan buah belimbing pada umumnya. Belimbing wuluh berbentuk lebih kecil dan oval.

Belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa bilimbi dan terasa asam saat dimakan. Rasa asam itu berasal dari kandungan asam oksalat yang tinggi. Belimbing wuluh bisa dikonsumsi secara langsung atau dengan cara dimasak, dijadikan campuran menu olahan sayur.

Selain menjadi bahan masak, belimbing wuluh juga bisa dijadikan sebagai campuran obat herbal. Sebab belimbing wuluh sudah terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari drhealthbenefits, salah satu manfaat kesehatan dari belimbing wuluh adalah untuk dijadikan obat tradisional di seluruh Asia karena sifat asamnya yang tinggi.

Nah, apa saja manfaat dari belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut 9 manfaat belimbing wuluh seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (26/3).

1. Mengontrol diabetes.

Loading...

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Belimbing wuluh bisa menurunkan kadar gula darah. Kamu bisa memanfaatkan khasiat belimbing wuluh dengan dua cara. Pertama, kamu bisa membuat jus belimbing wuluh kemudian langsung diminum. Cara kedua, rebus belimbing wuluh dengan satu gelas air, kemudian hasil dari rebusan tersebut bisa kamu minum sebanyak dua kali sehari.

2. Mengurangi flu dan demam.

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Rebusan belimbing wuluh sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam dan flu. Belimbing wuluh kaya akan vitamin C tinggi dan terbukti bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain buahnya, bunga dari belimbing wuluh juga bisa dibuat menjadi infus untuk mengobati pilek dan batuk.

3. Mengobati alergi.

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Dilansir dari healthbenefitstimes, alergi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh hipersensitivitas pada sistem kekebalan tubuh. Alergi bisa didapatkan dari makanan, obat-obatan, udara, logam, dan lain-lain.

Gejala saat orang mengalami alergi juga bermacam-macam. Gangguan mata merah, gangguan pernapasan, pilek, dan gatal pada kulit. Nah, minum jus belimbing wuluh secara teratur bisa membantu mengurangi alergi.

4. Mengontrol tekanan darah tinggi.

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Hipertensi adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan peningkatan tekanan darah di arteri. Belimbing wuluh sendiri digunakan sebagai obat tradisional untuk mengendalikan hipertensi.

Caranya rebus belimbing wuluh dengan 3 gelas air hingga mendidih, tiriskan air rebusan tersebut, tunggu hingga dingin baru bisa kamu minum. Kamu bisa mengonsumsi minuman dari belimbing wuluh ini setiap pagi hari.

5. Meringankan nyeri otot.

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Manfaat untuk meringankan nyeri otot bisa kamu dapatkan dari daun belimbing wuluh. Caranya tumbuk daun belimbing wuluh hingga halus, kemudian oleskan pada otot yang terasa nyeri. Meski daun belimbing wuluh ini tidak bekerja seperti obat yang langsung bisa menghilangkan nyeri, namun belimbing wuluh dipercaya dapat meringankan nyeri otot secara perlahan tanpa efek samping.

6. Mengurangi jerawat.

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Asam oksalat dan vitamin A yang ditemukan dalam belimbing wuluh ternyata juga bisa membantu mengurangi jerawat dan meredakan rasa sakit yang meradang akibat jerawat. Caranya buat belimbing wuluh sebagai masker wajah, lalu tumbuk belimbing wuluh hingga halus kemudian oleskan secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan.

Biarkan setidaknya 30 menit atau sampai masker mengering, lalu basuh wajah dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari, setidaknya selama 3 hari. Rasakan perbedaannya setelah kamu rutin memakainya.

7. Mencerahkan wajah.

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Belimbing wuluh kaya akan vitamin C yang dapat membuat kulit lebih cerah, mengurangi flek hitam dan menjaga kulit tetap kencang karena mempromosikan produksi kolagen (zat yang dibutuhkan untuk menjaga warna kulit). Caranya kamu bisa jadikan belimbing wuluh sebagai masker wajah atau dengan mengonsumsinya sebagai jus.

8. Mengurangi gatal karena gigitan serangga.

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Pasta atau adonan yang dibuat dari daun belimbing wuluh adalah obat kuno untuk gigitan serangga. Cukup mengaplikasikan hasil tumbukan daun belimbing wuluh pada titik gigitan serangga. Daun belimbing wuluh dapat mencegah gigitan serangga yang membengkak.

9. Pengobatan obesitas.

manfaat belimbing wuluh pixabay

foto: pixabay

Dilansir dari healthbenefitstimes, belimbing wuluh pernah digunakan sebagai tradisional untuk mengendalikan obesitas di India. Orang asli India menganggap bahwa belimbing wuluh mengandung agen anti-hiper-lipidemik, sehingga dapat mencegah penambahan berat badan.

Seperti diketahui, obesitas bisa memicu berbagai penyakit kronis salah satunya penyakit jantung. Obesitas terjadi karena seseorang kurang dapat mengontrol kesehatan dirinya sendiri. Obesitas juga membuat kulit dan rambut kita terlihat kusam dan tua.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more