Brilio.net - Varises terjadi ketika pembuluh darah seseorang membengkak dan membesar. Aliran darah yang tidak lancar, maka vena akan menonjol terlihat jelas pada lapisan kulit. Varises dapat terlihat karena warnanya yang biru tua atau ungu, juga sering menonjol keluar dari bawah kulit.

Gejala umum yang mungkin dirasakan oleh penderitanya seperti sensasi terbakar atau berdenyut di kaki, perasaan tidak nyaman (kaki) terasa berat atau sakit, kram otot yang bisa lebih terlihat di malam hari, pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki, hingga kulit kering atau gatal yang tampak lebih tipis di atas varises.

Sebelum varises bertambah parah hingga perlu melakukan operasi, alangkah baiknya kamu mengurangi masalah kulit ini sedini mungkin. Nah, banyak orang kemudian beralih ke pengobatan tradisional untuk mengobati varises. Salah satu pengobatan paling populer adalah memanfaatkan tanaman herbal yang mudah ditemukan di alam sekitar.

Berikut beberapa jenis tanaman obat yang bisa dipakai untuk menghilangkan varises secara alami, Brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (10/3).

1. Pegagan.

tanaman obat varises © freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu pengobatan varises paling populer adalah pegagan. Tanaman ini dikatakan dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan. Ramuan pegagan biasanya dikonsumsi dalam bentuk tablet, kapsul, dan ekstrak cair. Ini juga bisa dioleskan sebagai salep atau krim. Tanaman ini dapat berinteraksi dengan obat atau herbal lain.

Namun, bagi ibu hamil dan menyusui harus bertanya terlebih dulu kepada dokter tentang penggunaan pegagan. Mengonsumsi pegagan juga tidak disarankan bagi orang yang memiliki masalah lever.

2. Biji anggur.

tanaman obat varises © freepik.com

foto: freepik.com

Sudah sejak lama tanaman buah anggur, bagian getah, daun, hingga bijinya dimanfaatkan untuk membuat obat herbal. Dilansir dari healthline, selain tanaman pegagan, ekstrak biji anggur juga dipercaya memiliki efek pengobatan pada gejala insufisiensi vena kronis seperti pembengkakan, kram, atau kaki gelisah.

3. Pohon kastanye.

tanaman obat varises © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari medicalnewstoday, ekstrak dari pohon kastanye kuda, dapat membantu mengurangi nyeri kaki, rasa berat, dan gatal pada orang dengan insufisiensi vena kronis, yang merupakan penyebab utama varises. Cara menggunakannya, jadikan kastanye jadi ekstrak dan minyak esensial, setelah encer oleskan atau digunakan untuk aromaterapi.

4. Bayam.

tanaman obat varises © freepik.com

foto: freepik.com

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan flavonoid. Tanaman ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, menjaga aliran darah, dan memperkecil kemungkinan berkumpul di pembuluh darah. Bayam juga bisa membantu mengurangi tekanan darah di arteri dan dapat mengendurkan pembuluh darah, yang semuanya dapat mengurangi varises.

Selain bayam, sayuran dan tanaman buah lain tinggi flavonoid meliputi, paprika, brokoli, ceri, apel, blueberry, dan biji cokelat.

5. Chamomile.

tanaman obat varises © freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman chamomile populer dan kerap diseduh jadi teh. Selain itu, bunga chamomile juga bisa dibuat jadi ekstrak atau minyak esensial. Mengoleskan minyak dari bunga chamomile sebelum tidur dapat melancarkan aliran darah pada vena. Agar kulit terbebas dari varises, lakukan perawatan dengan chamomile secara rutin.

6. Bawang putih.

tanaman obat varises © freepik.com

foto: freepik.com

Selain bisa dimanfaatkan untuk bumbu masakan, bawang putih mengandung banyak sekali manfaat kesehatan. Tanaman rempah bawang putih dapat mendetoksifikasi darah, membuat aliran darah lebih lancar. Selain bisa dicampurkan ke menu masakan, oleskan bawang putih halus yang sudah dicampur minyak zaitun di area yang terkena varises.

7. Kubis.

tanaman obat varises © freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman sayuran kubis mengandung vitamin A, C, E, B1, B2, K, kalium, magnesium, kalsium, besi, fosfor, tembaga, sulfur dan serat. Segala macam nutrisi kubis ini dipercaya bisa membantu untuk menghancurkan fermentasi dalam darah sehingga bisa menghindarkan dari varises.

8. Parsley.

tanaman obat varises © freepik.com

foto: freepik.com

Parsley atau peterseli kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat mendorong produksi kolagen. Parsley juga mengandung senyawa rutin yang berperan penting untuk memperkuat kapiler. Caranya, cincang segenggam parsley dan rebus dengan segelas air. Jika sudah dingin saring dan tambahkan minyak zaitun. Kamu dapat mengoleskannya setiap hari ketika malam hari.

Cara mengobati varises dengan mengonsumsi bahan makanan alami. 

- Ikan

Ikan tuna, teri maupun salmon kaya akan asam lemak omega 3. Omega 3 dapat membantu menyehatkan jantung yang berarti akan membuat aliran darah lancar. Ketika aliran darah menjadi lancar tidak akan ada lagi pelebaran pembuluh darah di kaki.

- Minyak zaitun

Kunci utama menghilangkan varises adalah meningkatkan sirkulasi darah. Nah, minyak zaitun juga dapat membantu kamu mengurangi varises. Tidak hanya dengan dikonsumsi, minyak zaitun juga dapat kamu oleskan ke varises kamu. Pijat halus kaki dengan minyak zaitun dua hari sekali maka sirkulasi darahmu akan lancar dan varises hilang.

- Cuka apel

Cuka apel juga ampuh untuk menghilangkan varises. Cuka apel dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah. Tapi tidak untuk dikonsumsi, cukup oleskan pada daerah yang varises lalu pijat lembut sebelum tidur dan bangun tidur.

(brl/tin)