×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Makanan tinggi karbohidrat ini nggak bakal bikin kamu jadi gendut

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

6 Makanan tinggi karbohidrat ini nggak bakal bikin kamu jadi gendut

Yang hobi ngemil wajib baca nih..

23 / 04 / 2018

Brilio.net - Banyak yang menganggap makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi merupakan salah satu penyebab naiknya berat badan seseorang. Sehingga tak sedikit orang berusaha mengurangi konsumsi asupan karbohidrat seperti nasi ketika melakukan program diet.

Tidak mengherankan memang jika mengingat sisa karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh biasanya akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak pada tubuh. Meski sebagian besar karbohidrat akan diubah menjadi energi.

Namun demikian kamu tak perlu khawatir, pasalnya ternyata ada beberapa jenis makanan dengan kandungan tinggi karbohidrat yang justru tidak membuat berat badan kamu jadi cepat naik. Jenis makanan ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat pati resisten. Pati resisten sendiri adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna oleh usus.

Apa sajakah jenis makanan-makanan tersebut? Berikut 6 makanan tinggi karbohidrat yang tak akan membuat berat badan kamu jadi cepat naik, seperti dilansir brilio.net dari hellosehat.com, Senin (23/4).

1. Oat.

Loading...

6 Makanan tinggi karbohidrat © 2018 Istimewa

foto: thepioneerwoman.com

Oat atau bubur havermut adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan karbohidrat pati resisten yang baik. Dalam 100 gram porsi oat standar mengandung sekitar 3,6 gram pati resisten, sedangkan untuk jenis rolled oats bisa mengandung pati resisten hingga 11,3 gram dalam 100 gram porsinya.

2. Beras cokelat.

6 Makanan tinggi karbohidrat © 2018 Istimewa

foto: chowhound.com

Dalam 200 gram nasi dingin yang terbuat dari beras cokelat dapat mengandung sebanyak 3 gram pati resisten. Tak hanya itu, beras cokelat juga kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu proses pemecahan energi dalam tubuh.

3. Kacang-kacangan.

6 Makanan tinggi karbohidrat © 2018 Istimewa

foto: realfoodforlife.com

Beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan pati resisten adalah kacang hijau, kacang putih, lentil, kacang polong, kacang buncis dan kacang merah. Per 100 gramnya kacang-kacangan ini bisa mengandung 1-4 gram pati resisten, tergantung jenis kacangnya.

4. Kentang.

6 Makanan tinggi karbohidrat © 2018 Istimewa

foto: tarimturk.com.tr

Kentang merupakan makanan dengan sumber karbohidrat pati resisten yang tinggi. Selain karbohidrat, kentang juga kaya akan zat gizi lainnya seperti kalium dan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Nah, untuk meningkatkan kandungan pati resisten pada kentang, sebaiknya dinginkan dulu kentang yang telah direbus.

5. Pisang hijau.

6 Makanan tinggi karbohidrat © 2018 Istimewa

foto: organicfacts.net

Buah yang satu ini memang dikenal sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Akan tetapi untuk kadar karbohidrat pati resisten paling banyak ditemukan pada pisang hijau alias pisang yang kematangannya belum sempurna. Dilansir dari British Nutrition Foundation, per 100 gram pisang hijau mengandung 6,8 gram pati resisten, sementara pada pisang kuning hanya sebesar 0,98 gram saja.

6. Tepung jagung.

6 Makanan tinggi karbohidrat © 2018 Istimewa

foto: livingnongmo.org

Tepung jagung terbuat dari biji jagung yang sebelumnya dikeringkan dan digiling hingga halus. Untuk meningkatkan kandungan pati resisten, kamu bisa menambahkan 1 sendok makan tepung jagung murni ke dalam yoghurt atau bubur oats dingin. Tak hanya mengandung pati resisten, tepung jagung juga dapat membantu menstabilkan gula darah.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    50%

  • Marah

    50%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more