Brilio.net - Saat metabolisme tubuh seseorang sedang buruk, maka dampaknya adalah ia akan semakin mudah sakit. Sebab hal yang penting dalam metabolisme adalah peranannya dalam penawar racun atau detoksifikasi. Karenanya penting untuk mengetahui makanan-makanan yang mampu meningkatkan metabolisme biar nggak gampang sakit.

Berikut ini brilio.net kutip dari Brightside, Rabu (17/5) 5 makanan terbaik untuk tingkatkan metabolisme biar nggak gampang sakit:

1. Cabai.

makanan metabolisme makanan metabolisme

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cabai atau sambal atau paprika panas dapat mempercepat metabolisme tubuh hingga 25%. Jika mengonsumsi makanan pedas membuat tubuh berkeringat lebih dari biasanya, hal ini disebabkan adanya capsaicin, senyawa yang merangsang reseptor rasa sakit di tubuh.

Ini meningkatkan sirkulasi darah dan tingkat metabolisme, membuat tubuh membakar lemak lebih cepat.

2. Oatmeal dan beras merah.

makanan metabolisme makanan metabolisme

Asupan biji-bijian dan sereal selalu dianjurkan sebagai menu yang sehat. Seperti gandum, oatmeal, beras dan jagung. Biji-bijian utuh ini memiliki nutrisi dan karbohidrat kompleks yang mempercepat metabolisme tubuh dengan menstabilkan kadar insulin.

Pasalnya memiliki kadar insulin rendah bukanlah kabar baik, karena ketidakseimbangan zat kimia ini akan membuat tubuh merasa perlu menyimpan lemak ekstra.

3. Brokoli.

makanan metabolisme makanan metabolisme

Brokoli mungkin bukan sayuran favorit banyak orang, tapi ini adalah sumber penting kalsium, yang mempercepat metabolisme tubuh. Sayuran ini juga kaya akan vitamin C, K, dan A.

Satu porsi brokoli akan memberi sejumlah folat dan serat makanan serta berbagai antioksidan penting. Ini adalah salah satu makanan detoks terbaik yang bisa ditambahkan ke makananmu sehari-hari.

4. Apel dan pir.

makanan metabolisme makanan metabolisme

Apel dan pir bisa menjadi pasangan yang hebat ketika kamu ingin menurunkan berat badan, bukan hanya karena kandungan kalori rendahnya tapi juga karena kedua buah ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Negeri Rio de Janeiro, menegaskan bahwa wanita yang makan tiga apel atau buah pir kecil sehari akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak.

5. Kopi tanpa gula dan teh hijau.

makanan metabolisme makanan metabolisme

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dan teh hijau mempercepat metabolisme, serta memberikan manfaat kesehatan lainnya. Dua minuman ini memiliki antioksidan dalam jumlah besar, membantu menurunkan kadar gula darah, membantu membakar lebih banyak lemak dan mengurangi tanda-tanda selulit.