Brilio.net - Sobat Brilio pernah merasakan badan lemas ketika bangun tidur? Padahal malam harinya sudah tidur cukup selama 7-8 jam. Nggak jarang saat tubuh nggak berenergi begini, orang justru ingin rebahan atau bermalas-malasan seharian. Padahal masih banyak tugas yang menanti dituntaskan.

Ada beberapa penyebab badan terasa lemas pada pagi hari, mulai dari terlalu banyak makan, dehidrasi, menurunnya suplai oksigen dalam otak, dan banyak lainnya.

Nah, Sobat Brilio harus gimana ya biar tubuh kembali bugar? Apalagi setelah puasa, kamu semua mulai beraktivitas seperti biasa. Ada yang sekolah atau bekerja, semua butuh tubuh yang fit dan semangat menjalani hari. Brilio.net punya bocoran lima life hack merawat badan lemas pada pagi hari seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (18/5). Yuk, terapin sekarang juga! 

1. Jogging di sekitar rumah.

oppo band © 2021 brilio.net

Loading...

foto: shutterstock.com

Selama puasa, mungkin ada beberapa di antara Sobat Brilio melewatkan olahraga, bahkan yang ringan sekalipun. Nah, sekarang waktunya kamu mulai rutin kembali olahraga. Misalnya jogging di sekitar rumah yang bisa menjadi solusi olahraga ringan untuk mengawali hari. Kamu bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau tempat yang sedikit lebih lapang untuk melakukan olahraga ini.

Manfaat jogging yang kamu dapatkan seperti memperbaiki kualitas tidur, mood lebih baik, hingga mencegah risiko penyakit kronis. Nah, jika pada pagi hari badan terasa lemas, kamu bisa melakukannya paling tidak 12 menit untuk kembali bugar.

2. Menikmati segelas jus buah dan sayur.

oppo band © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Kalau selama puasa kamu minumnya kolak atau minuman manis melulu, sekarang waktunya menyisipkan minuman sehat dari campuran buah dan sayur. Menikmati jus buah dan sayur nggak hanya menghilangkan rasa haus, tapi juga bermanfaat untuk kebugaran tubuh.

Selain kaya serat, jus buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang akan diserap langsung ke dalam aliran darah. Meminum segelas jus pada pagi hari diketahui dapat mengeluarkan racun tubuh sehingga badan kembali fresh dan berenergi.

3. Luangkan waktu menghirup udara segar.

oppo band © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Meluangkan waktu untuk jalan-jalan keluar, seperti menghirup udara segar di sekitar rumah, bisa membuat badan kembali bugar. Pasalnya, udara pagi hari masih sejuk dan belum bercampur dengan polusi.

Ketika Sobat Brilio menghirup udara pagi hari yang bersih, organ pernapasan termasuk paru-paru akan menjadi sehat. Dengan demikian tubuh kembali bugar dan kamu bersemangat melanjutkan pekerjaan.

4. Naik-turun tangga.

oppo band © 2021 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Olahraga yang tampak sepele namun memiliki manfaat bagi kesehatan adalah naik-turun tangga. Olahraga ini bisa menjadi latihan efektif membangun kekuatan dan membuat tubuh langsung berenergi. Jadi, buat kamu yang selama ini skip olahraga saat puasa karena takut kehabisan energi, bisa rutin naik-turun tangga. 

Saat berolahraga, penting untuk memperhatikan sejauh mana kekuatan diri. Sebaiknya hindari terlalu memforsir diri saat mulai kembali berolahraga. Pelan-pelan dahulu di awal, nanti seiring berjalannya waktu tambah kecepatan maupun intensitasnya. 

Olahraga semakin nyaman ketika ada piranti yang membantumu memantau kegiatan fisik. Kamu bisa mencoba Oppo Band. Smartwatch ini dilengkapi sensor optik internal yang memantau detak jantung pengguna sepanjang waktu. Dengan begitu, kamu bisa mengukur detak jantung selama berolahraga untuk menghindari latihan berlebihan.

Nggak hanya itu, Oppo Band memiliki 12 mode latihan sesuai aktivitas olahraga yang sedang dilakukan. Fitur canggih ini dapat melacak dan memantau kegiatan fisik seperti berlari, berjalan, berenang, dan banyak olahraga lainnya. Ada pula sensor akselerasi yang merekam durasi latihan, jarak, dan metrik lainnya secara real time, membuat latihan tidak hanya lebih menarik, tetapi juga efektif.

5. Berkebun.

oppo band © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Selain naik-turun tangga, kamu juga bisa melakukan aktivitas berkebun demi mendapatkan badan bugar. Tampak ringan, namun aktivitas berkebun dinilai sama baiknya dengan olahraga lari karena mengandalkan tenaga fisik.

Jika berkebun dilakukan secara rutin, seluruh anggota tubuh akan bergerak aktif sehingga badan lebih sehat dan nggak lemas. Terlebih bagi orang yang menginginkan berat badan ideal, kegiatan ini efektif untuk proses pembakaran lemak. Ditambah bisa panen dari hasil menanam sendiri, akan mendatangkan rasa puas tersendiri bukan?