Brilio.net - Saat datang bulan, tentu menjadi hal yang tidak enak bagi banyak wanita. Mood ancur dan sakit perut menjadi salah satu dampak yang timbul ketika datang bulan. Bahkan dapat mempengaruhi produktivitas di kantor.

Rupanya, hal itu terjadi karena wanita mengalami stres atau jarang olahraga. Dilansir brilio.net dari Livestrong, Kamis (13/4), berikut adalah lima langkah mencegah kram menstruasi.

1. Tidak merokok.

Ahli: Vape sama berbahayanya dengan rokok biasa © vape.net

Rokok sudah menjadi gaya hidup perempuan perkotaan. Tetapi sebaiknya kamu tidak mengikuti gaya hidup tidak sehat ini. Rokok dan juga alkohol ditengarai sebagai salah satu penyebab siklus haid tidak teratur. Kebiasaan merokok juga membuatmu rentan mengalami kram menstruasi.

2. Jaga berat badan.

Rahasia artis dalam membentuk badan seksi berbagai sumber

Wanita juga harus berusaha menjaga berat badannya agar tetap ideal. Jika obesitas, kamu juga rawan mengalami kram menstruasi yang sangat menyakitkan.

3. Tidak menjadi vegetarian.

buket buah sayur © 2017 brilio.net

Karena ingin langsing, kamu biasanya memilih jadi vegetarian. Sebaiknya jangan lakukan ini, karena penelitian mengungkap, mereka lebih memiliki risiko siklus haid tidak teratur, juga kelebihan serat dapat mengganggu produksi estrogen.

4. Lawan stres.

pose ini dijamin ampuh atasi stres hanya dalam dua menit headline © 2017 brightside

Stres dapat menyebabkan tubuh untuk menunda atau melewatkan ovulasi. Akibatnya menstruasi tidak teratur, yang berakibat mengalami kram atau nyeri perut.

5. Kembali ke alam.

buket buah sayur © 2017 brilio.net

Beberapa tanaman atau buah-buahan membantu mengobati ketidakteraturan menstruasi. Jenis tanamannya seperti ubi, semanggi merah, sage, delima, daun raspberry dan dong quai. Konsumsi sesuai anjuran dokter agar manfaatnya juga mendukung kesehatan.