Brilio.net - Setiap orang tentu saja ingin memiliki tubuh yang ideal. Karenanya banyak yang merelakan waktu dan uangnya untuk rutin berolahraga atau mengkonsumsi makanan yang membantu pembentukan tubuh yang lebih baik.

Namun rupanya ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat rusak bentuk tubuh yang ideal. Kebiasaan tak baik ini jarang disadari karena memang efeknya yang tak langsung terlihat.

Berikut ini brilio.net rangkum dari Brightside, Jumat (28/4), 5 kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari rusak bentuk tubuh idealmu.

1. Tidak mengatur meja kerja dengan benar.

kebiasaan rusak postur kebiasaan rusak postur foto: Brightside.me

Jika kamu adalah orang yang bekerja berjam-jam di depan komputer, maka kamu harus memikirkan pengaturan ruang kerja dengan tepat. Yang paling penting di sini adalah menyesuaikan tingkat tinggi meja dan kursimu. Katidaksesuaian tinggi meja dan kursi bisa mengakibatkan ketidaksesuaian tumbuh tulang belakang.

2. Memegang ponsel dengan cara yang tidak benar.

kebiasaan rusak postur kebiasaan rusak postur
foto: Brightside.me

Sebagian besar orang di era sekarang ini membungkuk saat melakukan browsing melalui smartphone atau laptop tanpa menyadarinya. Padahal hal tersebut tidak baik untuk tulang leher dan membuat orang sulit menatap dengan tegak. Cara yang lebih tepat untuk memegang telepon/tablet adalah dengan menjaganya berada pada sudut yang lurus dengan mata.

3. Kesalahan posisi tidur.

kebiasaan rusak postur kebiasaan rusak postur
foto: Brightside.me

Penting bagimu untuk selalu ingat menjaga punggung lurus. Tidak hanya saat bekerja, tapi juga saat mengemudi atau tidur. Karenanya saat tidur dalam keadaan miring, setiap orang disarankan untuk menggunakan kasur dengan kelenturan yang masih baik.

Karena jika tidak, maka perkembangan tulang punggung tidak akan berjalan dengan maksimal, bahkan terkadang menimbulkan nyeri pinggang.

4. Membiasakan duduk dengan posisi yang keliru.

kebiasaan rusak postur kebiasaan rusak postur foto: Brightside.me

Ingat bahwa ketika kamu duduk dalam waktu yang cukup lama, penting untuk memilih di sudut yang tepat. Kesalahan suduh punggung ini bisa membuat tulang punggung tegang dan tertekan.

5. Berjalan dengan postur tubuh tidak benar.

kebiasaan rusak postur kebiasaan rusak postur
foto: Brightside.me

Cobalah untuk tidak membungkuk dan berdiri dengan cara sebenar mungkin. Yaitu berdiri dan berjalan dengan punggung lurus, kaki di bahu yang melebar.

Inilah posisi optimum tulang belakangmu untuk mengangkat seluruh tubuh saat berdiri maupun berjalan. Jangan meletakkan tangan di saku, karena itu membuat tubuh membungkuk.