Brilio.net - Banyak momen dalam aktivitas sehari-hari yang berisi kebisingan dan kita terbiasa dengan suasana ini. Misalnya suara kendaraan di jalan raya, suara orang mengobrol, suara televisi, suara musik dan lain sebagainya.

Kamu sebaiknya perlu mulai memperbanyak durasi untuk menikmati suasana hening. Sains membuktikan bahwa semakin sering menikmati suasana hening dapat memberi banyak manfaat, antara lain adalah sebagai berikut seperti dihimpun dari brightside.

1. Membantu regenerasi sel otak.

10 Cara mudah tingkatkan kemampuan otak, no.3 cocok buat yang mau UN © 2016 brilio.net

Loading...

Menghabiskan waktu dua jam per hari untuk menikmati keheningan dapat membantu pembentukan sel-sel otak yang baru di dalam hippocampus. Area ini bertanggung jawab dalam kemampuan belajar, ingatan, dan emosi.

2. Meningkatkan kreativitas.

20 tanda kalau teman-temanmu memiliki kreativitas yang sangat tinggi © 2016 brilio.net

Otak tetap bekerja aktif saat kamu tidur. Dalam masa tidur ini, otak memproses informasi yang diterima siang harinya. Ketika proses ini berjalan dengan baik, tanpa adanya gangguan saat tidur, otak mengintegrasikan emosi dan kenangan, membangkitkan imajinasi, dan membuka kemampuanmu. Dengan bantuan keheningan, kamu akan menjadi lebih kreatif dan terbuka.

3. Meminimalkan stres.

ilustrasi matematika panik © 2015 brilio.net

Kebisingan yang sering didapat berdampak pada otak, yaitu dapat meningkatkan produksi hormon stres. Keheningan memberi dampak sebaliknya, yaitu mengurangi tekanan baik di otak maupun tubuh. Dua menit dalam keheningan lebih efektif menormalkan tekanan dan sirkulasi darah dibanding mendengarkan berbagai jenis musik.

4. Menguatkan mental.

24 Foto aksi mental baja © 2016 brilio.net

Kebisingan yang hadir mengganggu dalam berbagai aktivitas seperti ketika sedang memecahkan masalah, bisa menurunkan motivasi, perhatian, dan meningkatkan jumlah kesalahan. Anak-anak yang tinggal atau kerap melewati jalan sibuk atau rel kereta api memiliki minat baca lebih rendah dibandingkan anak-anak yang tinggal di daerah yang tenang.