Brilio.net - Bawang putih pasti sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Lantaran bawang putih digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan beragam masakan. Hampir setiap hari bawang putih pasti digunakan saat memasak. Mulai dari untuk membumbui tempe hingga untuk memasak sayur sop.

Rupanya, tak hanya sebagai bahan masak saja. Bawang putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang putih mempunyai berbagai kandungan, seperti vitamin A, B, dan C tingkat tinggi. Bawang putih juga dapat dikonsumsi dengan cara direbus dan diminum airnya seperti secangkir teh. Walaupun rasanya sedikit tak enak, tetapi demi kesehatan tubuh mengapa tak dicoba dahulu?

Ketika sedang merasakan tidak enak badan dan sedang mencari obat yang alami, bawang putih rebus bisa menjadi solusinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut manfaat bawang putih rebus yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (8/12).

1. Obati batuk dan flu.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Flu dan batuk kerap datang beriringan, kondisi ini bisa membuat tubuh menjadi lemas dan ada pula yang sampai demam. Untuk mengatasinya, kamu cukup meminum rebusan bawang putih, pasalnya senyawa yang terdapat pada bawang putih terbilang sangat efektif dalam membasmi kuman dan bakteri penyebab flu dan batuk.

2. Menjaga kesehatan paru-paru.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bawang putih rebus dapat menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini dikarenakan kandungan antibakteri dan antimikrobanya pada bawang putih mampu membunuh patogen atau sumber penyakit asma hingga infeksi paru-paru. Ada baiknya bagi penderita asma mengonsumsi rebusan bawang putih dan menjaga pola hidup sehat.

3. Meningkatkan stamina.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Stamina dan daya tahan tubuh sangat dibutuhkan setiap orang agar bisa menjalani aktivitas dengan baik. Bawang putih rebus memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa kelelahan berlebih yang dialami seseorang setelah beraktivitas berat.

4. Mencegah alzheimer.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Jangan meremehkan alzheimer meski kamu masih muda, karena penyakit ini tidak hanya menyerang para lansia saja. Oleh karenanya dari sekarang kamu harus terus mengasah kemampuan otak mu dan menjaga kesehatannya dengan mengonsumsi rebusan bawang putih. Perlu kamu ketahui, ketika merebus jangan menambahkan bahan lainnya, rebusan alami akan memiliki manfaat besar.

5. Mencegah kanker.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Sembuh dari kanker merupakan sebuah keajaiban, ini berarti tingkat kesembuhannya sangat kecil. Kamu harus berhati-hati dengan kanker, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat, pilih makan makanan sehat.

Kandungan sulfur bioaktif pada bawang putih bisa mencegah pembentukan sel kanker pada tubuh kita. Jadi mengonsumsi rebusan bawang putih secara rutin akan menghindari kamu dari kanker.

6. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat bawang putih rebus Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting di dalam tubuh. Kadar kolesterol dan tekanan darah di dalam tubuh memiliki pengaruh besar bagi kesehatan jantung. Oleh karenanya. kolesterol dan tekanan darah yang stabil juga dapat membantu jantung untuk bekerja secara maksimal.

Untuk itu kamu bisa mengonsumsi rebusan bawang putih, karena dapat menekan kadar kolesterol dan tekanan darah akan stabil. Sehingga jantung terjaga kesehatannya.

Infografis Brilio 2022 © 2022 brilio.net

 

 

Mgg: ANNISA DHEANING TRIPRASIWI