Brilio.net - Kamu yang sedang melamar pekerjaan, sangat disarankan untuk memperbaiki penampilan. Sekalipun penampilan bukan tolok ukur utama, tapi kesan pertama penampilan menentukan penilaian selanjutnya. Penampilan yang rapi dan wangi akan disukai banyak orang ketimbang sebaliknya. Setuju, kan?

Nah, tentu ada faktor lain selain penampilan yang dinilai pewawancara saat mewawancarai kamu. Dikutip brilio.net dari Marie Claire, Minggu (27/12), sebuah penelitian dilakukan oleh Barclays Lifeskills menunjukkan seperempat orang muda meyakini penampilan mereka buruk saat wawancara, dan sekitar 64% mengatakan mereka merasa akan untung sekali kalau mereka dapat pelatihan wawancara kerja.

Lantas, jika kamu berpikir kemampuan komunikasimu bagus tapi penampilanmu nggak, hal ini tak cukup menjamin bisa meloloskanmu dalam proses seleksi mendapatkan pekerjaan impian.

Barclays Lifeskills mensurvei sekitar 500 pewawancara untuk menentukan kesalahan paling umum yang dilakukan para pelamar pekerjaan saat wawancara. Hasilnya adalah sebagai berikut:

1. Gagal mendeskripsikan posisi yang dilamar (51%)

Loading...

2. Terlalu pamer kemampuan diri (31%)

3. Tak bertanya apa pun saat diberi kesempatan (31%)

4. Tampak tak bekerja sama dengan pewawancara (30%)

5. Mengarang cerita atau mengada-ada (29%)

6. Berbohong soal prestasi atau pencapaian (29%)

7. Tak berpakaian sopan (26%)

8. Cerewet (24%)

9. Tak dapat menjelaskan kemampuan mereka yang dapat mendukung posisi yang dilamar (23%

10. Mengeluh tentang atasan (19%)

Nah, jangan coba-coba melakukan tindakan di atas ya, guys! Selamat mencari dan mendapat pekerjaan impian! Terus berkarya, produktif, dan bermanfaat bagi banyak orang.