Brilio.net - Di antara teman-teman kamu pastilah ada yang pendiam dan tertutup. Istilah psikologinya kepribadian introvert. Biasanya orang introvert itu cenderung pemalu, jarang bicara, dan cenderung memilih sendiri ketika ada dalam keramaian.

Jangan salah di balik diamnya si introvert ini sebenarnya mereka memiliki ide-ide briliant walau susah untuk mengungkapkan. Mereka sebenarnya melihat dunia lebih terperinci dibanding mereka yang jadi dunia itu sendiri.

Beruntunglah kamu yang introvert. Seiring perkembangan zaman, segalanya bisa kamu sampaikan tanpa harus bertatap muka dengan orang lain. Kamu tidak perlu lagi menyembunyikan apa yang ada di dalam kepalamu hanya karena malu. Semua bisa dilakukan di tempat yang banyak orang menyebutnya 'dunia maya'. Kamu bisa menyampaikan uneg-unegmu blog atau web pribadi.

Jadi, kamu yang masih ragu kenapa blogging itu bagus untuk seorang introvert, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber (2/12) alasan-alasan kenapa kamu yang introvert harus mulai nge-blog dari sekarang.

1. Kamu punya peluang untuk bebas berpendapat

blog introvert © 2015 brilio.net foto: theconfidencecode.com

Sebagai seorang introvert, kamu mungkin mempunyai hal penting untuk disampaikan. Namun rasa takut sering menjadi alasan kamu gagal untuk menyampaikannya. Melalui blog pribadi, kamu dapat menyampaikan apa yang ingin kamu sampaikan tanpa harus merasa tertekan seperti ketika berada di sebuah situasi sosial.

Ini tidak hanya menjadi keuntungan buat kamu, tapi juga untuk orang lain yang bisa membaca apa yang kamu sampaikan. "Banyak juga teman-teman blog saya yang ternyata adalah orang yang pendiam, tetapi tulisan-tulisannya ternyata sangat bagus. Dan bisa mengubah orang lain," tutur Aditya, seorang blogger sejak 2009 kepada brilio.net (2/12).

2. Kamu bisa membentuk pertemanan baru dengan sesama blogger

blog introvert © 2015 brilio.net foto: santabanta.com

Jika kamu seorang introvert, kamu mungkin hanya mempunyai sedikit teman di dunia nyata. Ini terjadi karena sifatmu yang pendiam dan tidak suka bergaul. Tapi dengan adanya blog, kamu bisa memperluas pertemanan kamu dengan sesama blogger lainnya. Berbagi pikiran dengan seseorang yang mempunya minat yang sama adalah sesuatu yang mengasyikkan. Ini mungkin tidak bisa kamu dapatkan di dunia nyata karena sifatmu yang cenderung tertutup.

"Blog itu selain sebagai sarana mengungkapkan ekspresi juga sebagai sarana sosialisasi. Terutama dengan sesama blogger yang mempunyai minat yang sama." ungkap Aditya.

3. Lewat blog, kamu dapat membangun kepercayaan diri

blog introvert © 2015 brilio.net foto: sheknows.com

Berkomunikasi dengan orang lain melalui blog bisa jadi cara paling nyaman untuk seorang introvert. Karena kamu tidak perlu tahu mereka siapa, kamu hanya perlu tahu kalau kamu sedang berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini memungkinkan kamu untuk membangun sebuah kepercayaan diri.

Feedback dan komentar dalam blog kamu juga bisa membuat kamu merasa bahwa dirimu adalah seseorang yang berguna dan punya kontribusi. Secara perlahan ini akan terbawa dalam kehidupanmu di dunia nyata. Karena kamu sadar, di dunia maya orang lain begitu menghargai karyamu, maka di dunia nyata hal yang sama akan berlaku.

Nah, jika kamu cenderung pendiam dan tertutup tidak ada salahnya kamu mulai eksis di dunia maya melalui blog.