×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ingin lolos interview kerja? 10 Hal ini sangat perlu kamu perhatikan

View Image

0

BRILIO » Kepribadian

Ingin lolos interview kerja? 10 Hal ini sangat perlu kamu perhatikan

Ilustrasi wawancara kerja/foto: mirror.co.uk

Kesan pertama sangat penting dan menentukan dalam setiap momen.

(brl/pep)

08 / 11 / 2016

Brilio.net - Kesan pertama sangat penting dan menentukan dalam setiap momen. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang ingin wawancara kerja. Pengalaman memang penting, namun juga kamu nggak tampil meyakinkan, bisa-bisa pewawancara nggak yakin bahwa kamu mempunyai pengalaman dan kemampuan bagus.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan kesan baik kepada calon tempat kerjamu yang baru. Hal ini misalnya bisa dimulai dari penampilan dari ujung kaki hingga ujung rambut. Rapi, nggak ngasal, disiplin, percaya diri, mudah akrab dan lainnya adalah kesan yang sudah bisa kamu tunjukkan saat wawancara.

Berikut 10 hal yang perlu kamu perhatikan untuk memberi kesan bahwa kamu siap untuk menjadi tim kerja mereka di kantor yang baru, Selasa (8/11):

1. Memperhatikan jam wawancara.

tips interview Istimewa

foto: telegraph.co.uk

Jangan sampai ngaret saat datang wawancara. Bisa-bisa sebelum masuk ruangan, nama kamu sudah dicoret duluan. Datang tepat waktu bagi banyak jauh lebih penting dibanding pengalaman kamu bekerja, karena disiplin menunjukkan seseorang mempunyai #AttitudeGanteng atau nggak.

2. Datang minimal 15 menit sebelum waktu wawancara.

tips interview Istimewa

foto: kent.edu

Datang 15 menit sebelum waktu wawancara adalah batas tolerasi untuk seseorang mengikuti wawancara. Sebab setelah sampai di lokasi, kamu pasti perlu mempersiapkan hal sebelum wawancara. Baik itu mempersiapkan mental, tarik nafas, sisir kembali rambut dan lainnya. Semua persiapan di lokasi itu nggak mungkin kamu lakukan jika kamu datang bersama dengan bukanya pintu ruangan wawancara.

3. Menggunakan pakaian yang rapi.

tips interview Istimewa

foto: executivesforhospitality.com

Ingat ya, kesan pertama adalah segalanya bagi tempat kerja kamu yang baru. Kamu harus berpenampilan rapi, karena ini menunjukkan bahwa kamu juga bisa mengerjakan pekerjaan dengan rapi. Perusahaan nggak ingin pekerjaan karyawannya berantakan.

4. Merapikan rambut dan kebersihan anggota tubuh.

tips interview Istimewa

foto: gq.com

Kepala dan rambut adalah anggota tubuh yang pertama kali dilihat. Jadi tunjukkan bahwa kamu mempunyai rambut bagus dan rapi. Semua bagian tubuh kamu yang terlihat juga harus menunjukkan bahwa kamu cinta kebersihan.

5. Berjabatan tangan dengan tegap.

tips interview Istimewa

foto: lists10.com

Jabat tangan yang erat dan posisi tubuh yang tegap, nggak menunduk, menunjukkan kamu mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Kepercayaan diri ini penting untuk menunjukkan bahwa kamu percaya bisa menyelesaikan semua tugas yang akan dijalankan.

6. Nggak duduk di kursi sebelum dipersilakan.

tips interview Istimewa

foto: careerbuilder.com

Sopan santun seperti ini nggak hanya biasa dilihat dalam tradisi ketimuran, di barat pun hal ini bisa ditemui. Para pewawancara adalah tuan rumah, biarkan mereka yang mengatur semua, termasuk kapan kamu harus duduk. Sehingga kamu terlihat sopan.

7. Ucapkan terima kasih sebelum dan sesudah wawancara kerja.

tips interview Istimewa

foto: nerdwallet.com

Ucapan terima kasih memperlihatkan kamu memberi penghargaan kepada pewawancara atau perusahaan yang memberiku kesempatan mengikuti tes masuk sebagai pegawai baru. Kamu tunjukkan bahwa kesempatan yang diberikan perusahaan akan penting untuk karirmu ke depan.

8. Jangan menjelek-jelekkan mantan bos.

tips interview Istimewa

foto: mainstreet.com

Jika kamu menjelek-jelekkan mantan bos, para pewawancara bisa berpikiran kamu bukan rekan kerja yang baik. Sebab bisa saja hanis kamu bekerja sama dengan mereka, di belakang hari kamu juga melakukan hal yang sama pad abos perusahaan barumu ini. Menjelek-jelekkan orang itu menunjukkan kamu nggak memiliki #AttitudeGanteng.

9. Cobalah pahami job yang dilamar sebaik mungkin.

tips interview Istimewa

foto: everydayinterviewtips.com

Sebelum ikut wawancara kamu pastikan mengerti job description yang akan kamu lakukan jika diterima nanti. Jika tugasmu nggak kamu mengerti, bagaimana kamu akan bisa melakukannya. Jadi pelajari semua tugas yang akan diberikan pada posisi yang akan kamu duduki nanti, ya!

10. Jabatlah tangan pewawancara saat hendak meninggalkan tempat wawancara.

tips interview Istimewa

foto: gentlemansgazette.com

Keakraban tetap harus kamu tunjukkan setelah wawancara selesai. Jabatlah tangan semua pewawancara satu persatu. Cara ini menunjukkan mau adalah sosok yang hangat dan bisa diajak kerjasama.

Semua hal di atas akan berkontribusi atas keberhasilan mengikuti wawancara. Sebab selain cerdas dan pintar, perusahaan perlu seorang karyawan yang rapi dan bersahaja. Untuk menjaga badanmu tetap wangi, kamu bisa gunakan #GantengKit dari GATSBY, salah satunya adalah GATSBY Shower Gel Refresh Cool Sensation, yang mengandung Double Deo Protection Agent yang mampu membunuh bakteri penyebab bau badan. Selain itu juga ada kandungan menthol yang dingin dan menyegarkan. Untuk tahu info lengkap kamu bisa lihat di sini, ya.

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

MORE
Wave more